Grab caplok startup pembayaran online asal Indonesia 'Kudo'

Selasa, 4 April 2017 | 15:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Grab resmi mengumumkan telah mengakuisisi sebuah startup pembayaran online asal Indonesia bernama Kudo. Grab diperkirakan menggelontorkan US$100 juta, atau sekitar Rp1,3 triliun untuk membeli startup itu.

Seperti dilansir dari Reuters, Grab pada Senin (3/4/2017), menyatakan telah setuju untuk membeli startup pembayaran asal Indonesia yakni Kudo, Akuisisi ini disebut akan membantu Grab memperluas layanannya ke banyak konsumen.

Dana untuk akuisisi ini disebut berasal dari janji Grab sebelumnya, yang menyebut akan berinvestasi setidaknya USD700 juta di Indonesia selama empat tahun ke depan.

Kedua perusahaan juga berencana untuk mencari peluang untuk meningkatkan jenis layanan keuangan yang Kudo bisa tawarkan, termasuk pinjaman asuransi dan konsumen, kata Grab.

Setelah kesepakatan ini terbentuk, tim Kudo dan platform akan diintegrasikan secara online GrabPay layanan pembayaran Grab ini.

Dalam pernyataan terpisah, Grab mengatakan telah mempekerjakan Jason Thompson, yang sebelumnya dari pembayaran elektronik perusahaan Euronet Worldwide Inc (EEFT.O) milik Amerika Serikat, sebagai kepala GrabPay yang berbasis di Singapura.

Kudo didirikan pada 2014, dibuat untuk memfasilitasi transaksi pembayaran online dari konsumen-konsumen di Indonesia, lebih tepatnya konsumen yang tak mempunyai rekening bank dan tinggal di kota-kota kecil, namun ingin melakukan transaksi pembelian online.

Grab sendiri pada 2016 lalu bekerja sama dengan Lippo Group untuk meluncurkan sebuah platform pembayaran mobile. Dalam kerja sama tersebut, konsumen bisa menggunakan aplikasi Grab untuk melakukan pembayaran di jaringan toko ritel milik Lippo. kbc10

Bagikan artikel ini: