Pakde Karwo apresiasi kiprah Pemuda Pancasila Jatim

Selasa, 21 Maret 2017 | 18:05 WIB ET
(KB/Purna Budi)
(KB/Purna Budi)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengapresiasi kiprah Pemuda Pancasila (PP) yang cukup banyak berkontribusi ke masyarakat, baik melalui kegiatan pemberdayaan maupun aksi-aksi sosial penanganan bencana alam.

"Terima kasih juga ke Pak La Nyalla (Ketua MPW Pemuda Pancasila Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti) yang telah memimpin PP dengan baik. Saya berharap ke depan PP bisa melakukan banyak kegiatan positif untuk membantu masyarakat bersama-sama dengan pemerintah daerah," ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, saat menyampaikan sambutan Musyawarah Wilayah VII PP Jatim di JX International, Surabaya, Selasa (21/3/2017). Muswil PP tersebut mengangkat tema "Menegaskan Eksistensi Pemuda Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Menurut Soekarwo, organisasi seperti Pemuda Pancasila harus terus bisa membuktikan diri sebagai organisasi yang memberi manfaat bagi masyarakat luas dengan berbagai kegiatan dan program yang berdampak ke masyarakat. 

Pakde Karwo juga memuji tokoh-tokoh di Pemuda Pancasila yang tetap memegang teguh ideologi Pancasila di tengah beragam tantangan zaman. "Sudah sangat jarang tokoh yang mampu menjelaskan filosofi Pancasila dengan sangat detil dan mendalam. Di antara yang jarang itu ada Pak Japto Soerjosoemarno (Ketua Umum Pemuda Pancasila)," kata Pakde Karwo.

Muswil Pemuda Pancasila Jawa Timur berlangsung meriah dengan dihadiri sekitar 3.000 kader Pemuda Pancasila se-Jatim. Jajaran pengurus dan pegiat PP juga tampak hadir, mulai dari Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno, Ketua Pemuda Pancasila Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti, kader PP Ruhut Sitompul, hingga Walikota Batu Eddy Rumpoko. Acara juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar. Selain itu, tampak sejumlah anggota DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD kabupaten/kota di Jatim.

Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno mengatakan, Pemuda Pancasila saat ini dihadapkan pada tantangan untuk menjaga Indonesia dar berbagai masalah yang menghadang. 

"NKRI jangan sampai terpecah-belah, jangan sampai kita mau diadu domba. Sesama rakyat disuruh berantem, yang senang orang lain. Pemuda Pancasilaharus mencerdaskan publik bahwa yang kita hadapi bukan rakyat kecil yang sudah susah hidupnya, tapi pihak-pihak yang ingin merongrong dan merampok Indonesia," ujar Japto dalam orasinya.

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, PP Jatim selama ini terus aktif melakukan berbagai kegiatan dan program strategis untuk memberdayakan masyarakat. Mulai dari pelatihan dan pendampingan UMKM, bantuan ke masyarakat miskin agar produktif berwirausaha, hingga aksi sosial penanganan bencana alam. Salah satu komitmen itu diwujudkan lewat berbagai produk perwakilan UMKM yang diberi ruang berjualan di ajang Muswil kali ini. Selain itu, dalam Muswil kali ini juga disiapkan hadiah motor roda tiga untuk kader yang beruntung di mana motor itu bisa digunakan untuk berwirausaha.

"Insya Allah kami akan terus konsisten menjalankan program-program yang bermanfaat, khususnua bagi puluhan ribu kader kami yang tersebar di Jawa Timur dan bagi masyarakat Jatim pada umumnya," kata La Nyalla.

"Jangan takut berbuat baik. Orang boleh mencemooh kita, orang boleh meragukan ketulusan kita, tapi kita harus terus berbuat baik karena kader dan masyarakat membutuhkan," imbuh La Nyalla. kbc5

Bagikan artikel ini: