Berpengalaman trasformasi perusahaan, Massa Manik oke buat Pertamina

Minggu, 19 Maret 2017 | 14:57 WIB ET

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Massa Manik dinilai akan mampu mempercepat transformasi di Pertamina karena dia memiliki pengalaman di bidang minyak dan gas (migas) saat menjabat sebagai Direktur Utama PT Elnusa. Dia juga memiliki rekam jejak yang baik dalam memperbaiki berbagai korporasi.

Direktur Eksekutif & CEO IPMI International Business School Jimmy Gani menilai Massa Manik dapat membawa Pertamina menjadi pemain kelas dunia, sekelas dengan Shell dan Chevron.

"Pak Massa dikenal spesialis dalam turnaround perusahaan dan terbukti sukses di Elnusa dan PTPN. Visi dia dalam kepemimpinan adalah knowledge (pengetahuan), speed (kecepatan), dan courage (keberanian)," ujar Jimmy.

Dengan ketegasannya dalam memimpin perusahaan energi terbesar di Indonesia, imbuh Jimmy, Massa Manik mampu berhadapan dengan banyak kepentingan serta dapat mempercepat Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia. Ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilannya.

"Pertamina sarat dengan kepentingan, tapi dia akan mampu menghadapinya, seperti yang dilakukannya saat masih menjabat sebagai Dirut PT Perkebunan Nusantara III (PTPN) Holding," ujarnya.

Untuk diketahui, Elia Massa Manik pernah menerima penghargaan CEO BUMN terbaik dalam BUMN Leadership Award 2016 yang diselenggarakan IPMI International Business School dan Majalah SWA tahun lalu. Ia dinilai pantas menerima penghargaan tersebut karena keberhasilannya melakukan program turnaround di Holding PTPN. kbc4

Bagikan artikel ini: