Kerusakan jalan nasional di Jatim 90 persen sudah diperbaiki

Rabu, 1 Maret 2017 | 08:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim perbaikan jalan nasional yang rusak di wilayah Jawa Timur saat ini telah rampung lebih dari 90%.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, sejumlah paket penanganan yang ada di Jawa Timur telah selesai ditangani, sedangkan sisanya telah mencapai progres di atas 90% dengan jumlah yang bervariasi.

"Sapu lubang sekarang sudah di atas 90%. Saya sudah minta perbaiki semua drainase-nya. Lalu bikin sistem sapu lobang. Sistem sapu lobang itu, satu kita tutup dulu (tidak sempurna), lalu diikuti tim berikutnya, langsung tambal," kata Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto di kantornya, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Dia mencontohkan, Penanganan Jalan Nasional (PJN) di wilayah Metropolitan I Surabaya, hingga Senin (27/2/2017) lalu, rata-rata persentase lobang yang belum tertutup hanya sekitar 2,5% saja. Praktis hanya di wilayah Surabaya-Waru yang belum tertutup lobang jalannya mencapai 7,68%.

Hal yang sama terjadi pada PJN Metropolitan II Surabaya yang sudah tertangani 100%. Sedangkan pada PJN Wilayah I Provinsi Jawa Timur, hanya ruas Gempol-Bangil-Pasuruan-Probolinggo yang belum rampung 100% atau 97,12%.

90% Kerusakan Jalan Nasional di Jatim Sudah DitanganiFoto: dok. Kementerian PUPR

Arie mengatakan, sistem sapu lobang adalah hal terbaik yang bisa dilakukan pemerintah saat ini sambil melakukan perbaikan dan membuat sistem drainase dengan memanfaatkan bahu jalan supaya tidak ada lagi jalan berlubang akibat genangan air.

"Konsekuensinya adalah, mungkin ada dua kali material yang terbuang. Yang pertama buat 'nyapu', kedua untuk buat semi permanen. Itu akan kita pertahankan sampai musim penghujan selesai, setelah itu baru kita lapis yang lebih permanen lagi di atasnya," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: