Nikon urung rilis kamera saku premium, ini alasannya

Jum'at, 17 Februari 2017 | 09:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sekitar setahun lalu, Nikon mengumumkan jajaran kamera saku premium seri DL yang terdiri dari tiga model. Ketiganya dijanjikan bakal hadir pada pertengahan 2016, tapi kemudian ditunda.

Penundaan itu ternyata bukan yang terakhir karena terus terjadi beberapa kali. Hingga akhirnya, pekan ini Nikon mengumumkan tak jadi merilis seri kamera DL. Alasannya, pabrikan asal Jepang tersebut takut rugi lantaran kamera seri DL dipandang tak punya prospek menjanjikan di masa depan.

“Penjualan seri DL dibatalkan karena ongkos pengembangan yang naik, serta penurunan proyeksi penjualan karena pasar melesu,” tulis Nikon dalam sebuah pernyataan resmi.

Bersenjatakan sensor ukuran 1 inci dan sempat digadang-gadang bakal menjadi lawan tangguh kamera seri RX dari Sony, Nikon DL terdiri dari tiga varian kamera.

Dua varian dibekali dengan lensa zoom standar dan wide-angle berbukaan lebar (F1.8-2.8), sementara satu varian lain memiliki lensa super zoom dengan rentang focal length panjang. Ketiganya kini dipastikan batal menyapa peminat meski sempat menarik perhatian dunia fotografi ketika diumumkan tahun lalu.

Selain pembatalan seri kamera DL, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DPReview, Kamis (16/2/2017), Nikon turut mengumumkan bahwa keuangan perusahaan mengalami “kerugian luar biasa” selama periode April hingga Desember 2016.

Sebabnya adalah restrukturisasi perusahaan yang menelan biaya 53 miliar yen dan akan berlangsung hingga akhir tahun fiskal pada Maret 2017 mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: