Akhir bulan ini, Jatim siap pasok cabai rawit merah ke Jakarta

Senin, 13 Februari 2017 | 08:47 WIB ET

MAGETAN, kabarbisnis.com: Jawa Timur siap memasok komoditas cabai rawit merah ke sejumlah daeah. Bahkan Dinas Pertanian Jawa Timur memastikan akhir Februari 2017 nanti komoditas tersebut siap dipasok ke Jakarta dan Kalimantan.

Hal tersebut diungkapkan Kabit Tanaman Hortikultura Dinas Pertanian Jawa Timur Retno Ningsih usai acara panen cabai di Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, akhir pekan lalu. "Yang jelas di kita tidak hanya memenuhi kebutuhan provinsi, tetapi juga dikirim ke Jakarta, dan pernah juga di Kalimantan," kata dia.

Dia menyebutkan, luas tanam daerah sentra produksi cabai rawit merah di Jawa timur berbeda-beda, mulai dari 500 hektar sampai 1.500 hektar dengan tingkat produktivitas rata-rata mencapai 4 ton sampai 5 ton. "Rata-rata realisasi produksi per bulannya 25 ribu ton," tambahnya.

Hanya saja, Retno tidak dapat memastikan berapa banyak produk cabai rawit merah asal Jawa Timur yang akan dikirim ke luar Jawa Timur.

Dia mengakui produksi petani cabai rawit di provinsi Jawa Timur saat ini mengalami penurunan lantaran faktor cuaca. Sebagai antisipasi, kata Retno, Dinas Pertanian Jawa Timur memberikan pembekalan bagi petani mulai dari pola tanam, hingga penggunaan teknologi.

"Mayoritas pengelolaan cabai rawit merah di sini masih konvensional, sehingga cabainya mudah terserang penyakit," jelasnya.

Saat ini, beberapa wilayah sentra produksi cabai rawit merah di Provinsi Jawa Timur sudah masuk masa panen. Seperti di Kabupaten Tuban yang luas tanamnya mencapai 1.407 hektar. kbc10

Bagikan artikel ini: