Jajaran mobil bekas paling laris tahun ini

Jum'at, 30 Desember 2016 | 07:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Data situs jual beli kendaraan yang banyak menjual mobil bekas, Carmudi, menyebutkan, Toyota masih menjadi merek favorit dengan penjualan tertinggi di pasar mobil bekas, kemudian disusul Honda dan Daihatsu.

Carmudi mencatat ada kenaikan penjualan mobil bekas dibanding tahun lalu, meski dalam empat bulan terakhir mengalami sedikit penurunan karena kemunculan mobil "murah" Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

"Pasar mobil bekas di tahun ini masih bagus. Contohnya di Carsentro (Carmudi Sentra Otomotif) Semarang, pada November 2016 berhasil menjual 98 unit, sementara di Desember 2016 meskipun belum tutup buku sudah berhasil menjual 107 unit. Berkaca dari satu Carsentro saja, penjualanya dari bulan ke bulan terus naik," ujar Head of Marketing & Public Relations Carmudi, Chandra Sidik, Kamis (29/12).

Untuk tipe mobil bekas, data Carmudi menunjukkan yang paling banyak dibeli adalah Toyota Avanza, Honda Jazz dan Honda CRV. Sementara Mobil tipe SUV (sport utility vehicle) seperti Mitsubishi Pajero menunjukkan tren penurunan minat, dan mulai digantikan Honda Brio.

Dari sisi harga, mobil bekas dengan rentang harga Rp 100 juta - Rp 150 juta menjadi yang paling diburu. Sedangkan untuk pilihan warna, hitam dan abu-abu tetap menjadi yang paling banyak dipilih.

Dari catatan Carmudi, warna hitam masih menjadi favorit karena sangat efektif untuk menyamarkan kondisi tampilan mobil bekas, sehingga tetap terlihat seperti baru. Apalagi belakangan komunitas mobil dengan varian warna tertentu tengah menjamur di Indonesia, salah satunya adalah Black Car Community. kbc4

Bagikan artikel ini: