Antisipasi lonjakan harga bahan pokok d akhir tahun, Puspa Agro kembali gelar pasar murah

Selasa, 20 Desember 2016 | 18:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Manajemen PT Puspa Agro kembali menggelar pasar murah sejumlah barang kebutuhan pokok bagi masyarakat umum. Kegiatan yang akan dilakukan pada 27-28 Desember 2016 tersebut dimaksudkan untuk mengerem laju inflasi akibat kenaikan harga, dan membantu menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok saat Natal dan tahun baru 2017.

Rencananya, pasar murah yang menjadi bagian dari program Operasi Pasar Mandiri (OPM) ini digelar di gerbang masuk area pusat perdagangan agro Puspa Agro, Jl. Sawunggaling 177-183 Jemundo, Taman, Sidoarjo, mulai pukul 09.00 WIB. Adapun sejumlah komoditas yang akan dijual dengan harga di bawah pasaran itu meliputi: beras (tipe medium dan ekonomis), ayam potong (frozen), aneka ikan (frozen), telur, minyak goring, gula pasir, dan tepung terigu.

“Pasar murah ini memang digelar sebagai antisipasi terhadap lonjakan harga sembako menjelang tahun baru. Kami pastikan, harganya di bawah pasaran,” kata Ketua Panitia Pasar Murah, Hengky Rachmadiansyah melalui siaran persnya, Selasa (20/12/2016).  

Menurutnya, program yang rutin dilakukan setiap menjelang Lebaran dan Tahun Baru tersebut, juga dimaksudkan membantu masyarakat menjelang pergantian tahun. Ini dilakukan sebagai antisipasi atas kemungkinan melonjaknya harga barang-barang kebutuhan sehari-hari mereka.

“Meski saat ini belum terjadi lonjakan harga yang signifikan, tak ada salahnya kita antisipasi. Sebab, tidak menutup kemungkinan menjelang tahun baru ada peningkatan permintaan barang yang memungkinkan mengerek harga,” tandasnya.

Sementara itu Dirut PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin menambahkan, program Pasar Murah merupakan bentuk kepedulian Puspa Agro kepada masyarakat  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga relatif murah. Pasalnya, ada tren naiknya harga menjelang tahun baru, meski tak terlalu drastis. Apalagi, cuaca yang kerap hujan belakangan ini bisa menjadi pemicu naiknya harga karena pasokan barang bisa jadi akan berkurang atau tersendat.

“Dengan adanya pasar murah ini, selain pasokan barang lancer, masyarakat juga berkesempatan membeli dengan harga lebih murah,” katanya seraya memastikan, harga sejumlah komoditas yang digelar dalam Pasar Murah Puspa Agro ini di bawah harga pasaran.

Pengalaman sebelumnya menunjukkan, antusiasme masyarakat terhadap pelasanaan Pasar  Murah sangat tinggi. Terbukti, setiap digelar pasar murah,  pengunjung dan pembelinya berjubel dan membuat petugas kewalahan. “Kami  siapkan stok yang cukup banyak, terutama untuk komoditas ayam dan ikan. Ini sekaligus untuk mewujudkan gerakan gemar mengonsumsi ikan kepada masyarakat,” pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: