BPJS Ketenagakerjaan dukung peningkatan inklusi keuangan di Jatim

Minggu, 20 November 2016 | 15:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur dan Cabang Surabaya Darmo sangat concern pada peningkatan inklusi keuangan masyarakat Jawa Timur, khususnya wilayah Surabaya. Sebagai bukti nyata adalah partisipasi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur dan Cabang Surabaya Darmo pada Acara HUT OJK ke-5 yang bertemakan Kerja Nyata Melalui Pasar Keuangan Rakyat.

Selain BPJS Ketenagakerjaan terdapat 19 instansi pendukung acara antara lain Pegadaian, Bank Jatim, AEI Jatim (PT. Sekar Laut), Bank Panin Dubai Syariah, BRI Syariah, BRI Syariah, BEI, APEI, AJB Bumiputera, BRI, BNI, BPR Jatim, Asuransi Jiwasraya, Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Mandiri, Asuransi ACA, Bank Maspion, APPI dan BTN.

Acara ini menghadirkan tiga agenda utama pada setiap kegiatannya yaitu peringatan HUT OJK ke 5, inklusi keuangan masyarakat Jawa Timur dan juga pameran. Acara ini membuka peluang bagi seluruh anggota Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FK-LJKD) se-Jawa Timur untuk menunjukkan kualitas produk/programnya agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Kepala BPJS Kantor Wilayah Jatim, Abdul Cholik mengatakan, selain berpartisipasi pada acara HUT OJK ke-5, BPJS Ketenagakerjaan  Kantor Wilayah Jawa Timur dan Cabang Surabaya Darmo juga menyampaikan pula Sosialisasi Program dan kemudahan iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai Tantangan dan Solusi perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja dan pelaku jasa keuangan di Jawa Timur.

"Semua informasi dan kemudahan layanan dapat dilihat pada www.bpjsketengaakerjaan.go.id. BPJS Ketenagakerjaan berupaya memberikan banyak kemudahan layanan dalam bentuk electronic services," ujar Abdul Cholik saat menghadiri acar HUT OJK ke 5 di Delta Plaza Surabaya, Minggu ( 20/11/2016).

Beberapa layanan yang bisa diakses secata elektrik diantaranya adalah pembayaran bisa dilakukan melalui Electronic Payment System (EPS), manajemen data peserta bisa menggunakan SIPP Online (Sistem Informasi Pelaporan Peserta), sedangkan pendaftaran bisa melalui e-registrasi dan Service Point Office (SPO) kerjasama dengan perbankan.

Bagi tenaga kerja untuk melihat saldo JHT bisa melalui Saldo JHT Online, eSaldo JHT (Rincian Saldo JHT Tahunan), aplikasi BPJSTK Mobile dan layanan sms. Layanan sms 2757 ini juga dapat mengetahui apakah iuran telah dibayarkan dan jumlah upah yang dilaporkan perusahaan telah sesuai. Bagi fasilitas kesehatan kerja sama Trauma Center bisa menggunakan eRSTC. Aplikasi teranyar adalah Payment Reminder System (PRS).

"PRS merupakan pengingat jadwal pembayaran iuran dan pelaporan data berbasis SMS dan eMail kepada peserta yang berjalan otomatis dan terjadwal mulai tanggal 1 sampai tanggal  setiap bulannya, setelah PRS dilakukan pada tanggal 8 sampai tanggal 31 setiap bulannya dilakukan Collection Call dan Past Due Collection Call," ujar Cholik.

Cholik menambahkan, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan adalah wujud nyata negara dalam memberikan perlindungan kepada seluruh warga negaranya, tidak terkecuali para pelaku Jasa Keuangan Daerah. Bersama BPJS Ketenagakerjaan mari kita wujudkan kesejahteraan pekerja dan menggeliatkan perekonomian Indonesia.kbc6

Bagikan artikel ini: