Menpan ingin layanan publik hari Sabtu dan minggu tetap buka

Sabtu, 19 November 2016 | 10:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnia.com: Guna memberikan layanan prima kepada masyarakat, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur akan melakukan perubahan besar disisi layanan publik. Rencananya, Menpan akan buat aturan yang menegaskan bahwa sejumlah layanan publik tidak boleh libur dan harus tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu.

"Sekarang saja sudah banyak bank yang buka Sabtu-Minggu. Nah nanti mungkin saya akan coba dari segi aturan pegawai negeri tidak boleh berhenti khususnya yang bertugas di bidang pelayanan publik, artinya Sabtu dan Minggu harus jalan," Ujar Asman Abnur saat peninjau pelayanan publik di Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (18/11/2016).

Menurut pengakuannya,  aturan tentang hal itu akan segera dibuat dan diajukkan agar mempunyai kekuatan dan dasar hukum, sebab pelayanan publik memang pada hakekatnya tidak boleh berhenti. "Seorang aparatur yang bertugas Sabtu atau Minggu bisa diubah liburnya hari Senin, artinya pelayanan publik tetap buka meski hari libur,"  kata Asman.

Targetnya, tambahnya, semua kebutuhan publik harus terlayani secara maksimal, sehingga tidak ada lagi gangguan masalah karena dengan alasan hari libur dan tidak jam kerja.

Apalagi dengan perkembangan teknologi, penanganan pelayanan publik saat ini tidak harus bertemu dengan orang, sebab bisa menggunakan teknologi yang berkembang, seperti jaringan atau daring internet.

"Dengan teknologi terkini saya yakin nanti tidak perlu lagi ketemu orang, tinggal pencet dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor," ucapnya.

Penerapan aturan tersebut juga akan dibarengi dengan penggajian yang benar, dan orang yang malas gajinya akan berbeda dengan yang rajin. "Ke depan kami harapkan tunjangan kinerja itu betul-betul bisa diterapkan. Jadi orang yang malas dan yang rajin akan beda tunjangannya," ucapnya.kbc6

Bagikan artikel ini: