Anggaran terbatas, Menteri Agraria minta pemda ikut biayai sertifikasi tanah

Kamis, 20 Oktober 2016 | 15:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil meminta agar Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam membiayai sertifikasi tanah.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat terbatasnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang selama ini menjadi sumber biaya sertifikasi.

“Bicara dengan Bupati, Walikota dan Gubernur supaya dapat dialokasikan juga APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk sertifikasi,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10/2016).

Sofyan mencontohkan, dua daerah yang telah menyisihkan sebagian anggarannya untuk percepatan sertifikasi adalah Provinsi DKI Jakarta dan Kota Surabaya, yang juga telah menggandeng perusahaan swasta melalui program tanggung jawab sosial perusahaan.

“Pemda semakin sadar sertifikat itu penting. Di Boyolali 40 persen sertifikat 'disekolahkan' ke bank untuk modal, ini sangat penting mengurangi kemiskinan dan menciptakan kemakmuran," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: