Sinarmas siap ubah wajah Jagir jadi modern dan futuristik

Rabu, 12 Oktober 2016 | 23:11 WIB ET
(KB/Purna Budi Nugraha)
(KB/Purna Budi Nugraha)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kawasan Jagir merupakan salah satu kawasan ikonik Kota Surabaya. Pasalnya ada sejumlah fasilitas dan aset yang menjadi bagian dari sejarah kota ini. Diantaranya Kali Jagir dengan pintu air, stasiun dan pasar Wonokromo, juga kampung santri Sidosermo dan Sidoresmo.

Sayangnya, kini kawasan ini kurang mendapat perhatian, sehingga ikon tersebut juga mulai dilupakan masyarakat. Sadar akan hal ini, Sinarmas Land berniat mengembangkan kawasan Jagir agar kembali dilirik investor dan masyarakat, bukan hanya dari sisi bisnia namun juga sosial, budaya dan pariwisata.

"Kami punya komitmen untuk memperbaiki image kawasan Jagir yang awalnya kurang representatif menjadi sebuah kawasan yang nyaman dengan konsep modern futuristik," kata Aditya Sutantio, Project Division Head Sinarmas Land Surabaya di sela ground breaking main gate Klaska Residence di areal Mangga Dua Surabaya, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, ke depannya kawasan Jagir akan menjadi salah satu kawasan yang memiliki nilai heritage tinggi bagi kota Surabaya dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

"Kami tengah menjajaki kerjasama dengan Pemkot Surabaya dan pihak terkait. Misalnya dengan merevitalisasi kali Jagir maupun pasar. Kami akui ini butuh waktu panjang namun ini harus dimulai," jelas Aditya.

Jika gagasan membangun kawasan Jagir tersebut didukung pemerintah, pihaknya yakin daerah sekitarnya akan ikut berkembang. "Karena ini adalah pusat kota Surabaya yang sebenarnya, dan tak lama lagi akan menjadi CBD baru kota Surabaya," ujarnya.

Seiring dengan pengembangan kawasan Jagir, Sinarmas Land sendiri saat ini tengah mwngembangkan superblok pertamanya di Surabaya, yakni apartemen Klaska Residence. Sales and Promotion Coord Sinarmas Land East Indonesia, Arvina Syawir mengatakan, Klaska Residence akan dibangun di atas lahan 3,1 hektar di Jalan Jagir, Wonokromo. Rencananya ada 6 tower dan 3 tower diantaranya untuk komersial.

Sinarmas Land memberikan terobosan dalam membangun apartemen. Katanya, apartemen tersebut harganya mulai Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan. Namun, fasilitas yang diberikan tidak kalah dengan apartemen yang dibanderol harga miliaran rupiah. "Harganya memang tiga ratus jutaan, tapi konsep dan fasilitasnya tidak kalah dengan apartemen yang harganya miliaran rupiah.

Kelas kita bukan kelas ecek-ecek (murahan)," tuturnya. Dia menuturkan, Klaska Residence akan dilengkapi fasilitas berstandar internasional, seperti fasilitas bisnis, shopping arcade, hotel, perkantoran dan rekreasi resort. Yang menarik, pihaknya juga membangun perpustakaan, dan area parkir dengan perbandingan 1:3. "Rencananya ground breaking pada awal tahun 2017 dan ditargetkan rampung selama 36 bulan," tandas Arvina.

Di tahap awal pihaknya akan membangun 3 tower dengan total 3.500 unit apartemen. "Untuk tahap awal ini kita pasarkan 600 unit apartemen dan sampai saat ini sudah terjual 50 persen," bebernya. Terkait pembangunan main gate, Arvina menyebut sebagai gambaran awal pembangunan Klaska Residence. Ditargetkan pembangunan main gate akan rampung Januari 2017. "Tak henti di situ, kita juga akan membangun marketing gallery agar masyarakat atau calon pembeli dengan mudah melihat progress kita atau ingin mengetahui lebih jauh proyek kita," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: