Gandeng Siemens, Barata pasok komponen pembangkit ke luar negeri

Kamis, 8 September 2016 | 18:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Barata (Persero) resmi menyepakati Letter of Intent (LOI) dengan Siemens Aktiengesellschaft, perusahaan asal Jerman yang bergerak di bidang elektrifikasi, otomatisasi serta digitalisasi peralatan pembangkit listrik di Indonesia.

Perjanjian kerja sama ini meliputi penyediaan komponen-komponen pembangkit (gas turbine package), engineering design, project management, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Lewat perjanjian ini, Barata juga berkesempatan memasarkan produk unggulannya yaitu komponen-komponen pembangkit ke luar negeri. Sehingga produksi Barata tidak hanya dikenal di dalam negeri.

"Yang paling penting adalah global supply chain. Kita akan menjadi bagian dari pada global supply chain Siemens International bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia," kata Direktur Utama PT Barata (Persero) Silmy Karim usai penandatanganan kerja sama dengan Siemens di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2016).

Silmy menambahkan, kerja sama yang dilakukan antara Barata dan Siemens tidak hanya terbatas pada proyek 35.000 megawatt (MW). Siemens telah menyepakati akan menggunakan produk Barata dalam proyek Siemens di luar negeri. "Itu salah satunya. Ini bukan hanya sekadar bisnis," tutur Silmy.

Dengan bertambahnya produk Barata yang akan diekspor ke luar negeri, Silmy berharap produksi komponen Barata dan alat berat lainnya bisa semakin dikenal di pasar dunia.

"Ini yang tentunya diinginkan oleh kita selaku BUMN bahwa project-project BUMN bisa menjadi satu trigger untuk peluang kita menjadi pemain global," jelas Silmy. kbc10

Bagikan artikel ini: