Viar siap bersaing di pasar motor listrik Tanah Air

Senin, 20 Juni 2016 | 05:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Era motor listrik mulai merapat ke pasar Indonesia. Jika beberapa waktu lalu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama PT Garansindo memperkenalkan produk motor listrik Gesits, kali ini Viar Motor Indonesia memperkenalkan dua motor listrik dengan nama Pulse dan Q1. Motor listrik pabrikan asal Semarang ini bisa ditemui di ajang Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.

Dikatakan untuk motor listrik Viar Pulse memiliki karakter dan terlihat memiliki lebih futuristik dan sporty. Sedangkan untuk Viar Q1, dirinya diklaim bakal lebih menonjolkan kesan fancy namun modern.

Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond, menjelaskan berbagai keunggulan Viar Pulse dan Q1 diantaranya adalah Maintenance Free.

"Artinya kedua unit ini tidak perlu service rutin dan juga tidak memerlukan bahan bakar bensin, pergantian rantai, oli, serta part seperti sepeda motor berbahan bakar pada umumnya. Hanya perlu pergantian kampas rem, ban dan aki," kata Frengky dikutip dari siaran persnya, akhir pekan lalu.

"Jika motor dalam keadaan berhenti maka arus listrik pun tidak akan berjalan sehingga konsumsi listrik lebih efisien, hanya memakan sedikit sekali arus untuk lampu utama yang telah menggunakan sistem LED," jelas Frengky.

Tapi seberapa jauh dirinya mampu berlari? Dikatakan kedua motor listrik Viar ini menggunakan mesin BOSCH, dengan maksimal power yang mampu dimuntahkan oleh Viar Pulse sebesar 1200 watts. Sedangkan Viar Q1 mampu memuntahkan power maksimal sebesar 800 watts.

Walaupun maksimal power yang dimuntahkan berbeda, kdeua motor listrik Viar ini bisa mencapai top speed maksimum hingga 60 km/jam.

"Perbedaan terletak pada penggunaan jenis battery yang tertanam di kedua unit ini, untuk Viar Pulse menggunakan battery jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium yang secara bobot lebih ringan. Sehingga pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maksimum speed yang sama," jelas Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond.

"Dengan kecepatan sekitar 60km/jam, Viar Pulse maupun Q1 akan mampu menempuh jarak hingga sejauh 70 - 80km hingga battery habis. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi battery hingga penuh sekitar 5 - 7 jam," tutupnya.

Sayangnya, terkait harga jual kedua produk ini, Viar masih menutup rapat informasi harga jual dari kedua motor listrik Viar ini.

"Rencananya Viar baru akan resmi meluncurkan kedua unit ini sekitar bulan Desember 2016," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: