Jokowi apresiasi pembangunan terminal LNG di Pelabuhan Benoa

Minggu, 12 Juni 2016 | 16:34 WIB ET

DENPASAR, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo sangat mengapresiasi proyek terminal LNG (Liquified Natural Gas) yang dikelola oleh PT Pelindo Energi Logistik (PT PEL) yang merupakan unit usaha energi PT Pelindo III karena fasilitasnya didesain oleh sejumlah insiyur lulusan perguruan dalam negeri.

Ia mengungkapkan bahwa pengalihan sumber tenaga dari diesel menjadi LNG dapat memberikan efisiensi yang besar dari segi biaya maupun lingkungan, karena harga gas lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

"Sangat efisien sekali ini memang kita lihat, kalau nanti kita lihat baik, saya kira yang diesel di pulau-pulau itu satu persatu kita transfer ke gas," ujarnya saat melakukan kunjungan ke Terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali, Sabtu (11/6/2016).

Jokowi tiba di Pelabuhan Benoa tepat pukul 14.00 WITA Sabtu siang. Sebelumnya Jokowi sempat meninjau pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas (PLTDG) Pesanggaran Bali yang berkapasitas 200 Mega Watt yang berada sekitar 3 km dari Pelabuhan Benoa.

Hadir dalam rombongan Presiden yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said dan Sekertaris Kabinet Kerja Pramono Anung dengan didampingi oleh Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Dirops & Pengemb Bisnis Pelindo III Rahmat Satria, Komut Pelindo III Hari Bowo, Dirut PLN Sofyan Basyir dan Direktur PT PEL Gembong Primadjaja.

Setibanya di terminal LNG, Presiden beserta rombongan langsung menuju terminal LNG untuk melihat kapal Floating Storage Unit (FSU) dan Floating Regasification Unit (FRU) serta mendengar penjelasan tentang terminal LNG yang disampaikan oleh Gembong.

Gembong menjelaskan bahwa penghematan yang akan diperoleh jika sumber energi tenaga listrik beralih dari diesel ke gas adalah sebesar 4 miliar per hari.

"Pasokan LNG nya diangkut dari Bontang pakai kapal, kemudian disimpan di FSU sebelum kemudian di regas melalui FRU yang dikerjakan oleh PT Pelindo Energi Logistik bersama mitranya JSK," ujarnya.kbc6

Bagikan artikel ini: