Sharp pilih RI jadi negara pertama di Asean disapa ponsel robot 'RoBoHoN'

Senin, 6 Juni 2016 | 21:18 WIB ET

BALI, kabarbisnis.com: Setelah resmi diluncurkan di Jepang pada 26 Mei 2016, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) secara perdana memamerkan ponsel robot bernama RoBoHoN ke Indonesia.

Robot itu diperlihatkan di hadapan ratusan dealer dalam acara Sharp Dealer Convention 2016 pada 2 hingga 3 Juni 2016, di Nusa Dua, Bali. Ponsel pintar berwujud robot imut ini pun sukses ‘mencuri’ perhatian para dealer berkat keunikan teknologinya.

Fitur robot menggabungkan fungsi-fungsi smartphone modern dengan kemampuan komunikasi layaknya asisten virtual super cerdas. Di acara ini, RoBoHoN menyapa langsung para rekan dealer Sharp dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, memperkenalkan diri, berjalan, menerima panggilan, memotret dan memproyeksikan hasilnya, menari, mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal, serta atraksi-atraksi lainnya.

Tidak hanya mampu menjalankan tugas-tugas umum ponsel pintar seperti membuat panggilan hingga mengirim atau menerima pesan singkat dan surat elektronik, RoBoHoN juga dibekali dengan sistem kecerdasan buatan. Perangkat dapat mendeteksi dan merespon perintah suara bahkan ekspresi wajah penggunanya.

Sebagai robot humanoid, RoBoHoN dapat bergerak seluwes manusia, seperti berjalan, duduk, melambaikan tangan untuk menyampaikan notifikasi seperti pesan atau panggilan masuk, juga menari.

Robot mini ini bahkan mampu membangunkan penggunanya sebagai alarm, menjadi pengingat, membacakan pesan dan mengirimkan balasan sesuai yang didiktekan oleh penggunanya, memotret si pengguna layaknya fotografer, serta menampilkan gambar maupun video pada dinding atau permukaan lain berkat proyektor yang ada pada keningnya.

“Kami gembira dapat memperkenalkan RoBoHoN ke Indonesia, sekaligus bangga karena Indonesia menjadi salah satu negara pertama di Asean yang disinggahi RoBoHoN setelah diluncurkan di Jepang," kata Fumihiro Irie selaku President Director SEID melalui keterangan resminya. kbc10

Bagikan artikel ini: