Mundur dari Komut PLN, Kuntoro dipromosikan jadi bos Freeport?

Kamis, 19 Mei 2016 | 10:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mundurnya Kuntoro Mangkusubroto dari jabatan Komisaris Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memicu spekulasi. Isu yang santer menyebutkan jika Kuntoro akan didapuk menjadi Direktur Utama PT Freeport Indonesia.

Namun, kabar tersebut buru-buru dibantah oleh Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama. Dia bilang, dirinya belum tahu soal itu. "Wah, saya belum dengar soal itu," klaimnya, Rabu (18/5/2016).

Hingga kini Freeport belum memiliki direktur utama baru pasca pengunduran diri Maroef Sjamsoeddin. Riza juga mengaku, belum mengetahui kapan penetapan direktur utama Freeport yang baru. "Saya belum tahu kapan (ada dirut baru)," imbuhnya.

Sebelumnya, penasihat senior Presiden Jokowi untuk urusan Papua Michael Manufandu berpendapat, pemilihan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) memiliki kriteria yang tinggi.

Sayangnya, ini menjadi penyebab sulitnya menempatkan orang asli Papua memimpin perusahaan tambang ini.

Menurutnya, sosok yang tepat untuk menduduki kursi Presdir Freeport sagat sulit karena di dalam perusahaan ini mempekerjakan berbagai macam orang dari berbagai kewarganegaraan dan latar pendidikan beragam.

"Itu memerlukan kemampuan yang tinggi, kemampuan manajerial yang baik, wawasan yang luas dan kemampuan menggerakkan resources yang ada untuk menciptakan produktivitas, serta menciptakan sumber daya baru untuk kemajuan," ucap Michael kala itu. kbc10

Bagikan artikel ini: