Dua kabupaten di Madura ini tawarkan lahan untuk sirkuit MotoGP

Senin, 11 April 2016 | 22:49 WIB ET

BANGKALAN, kabarbisnis.com: Dua pemerintah kabupaten di Madura, yakni Sumenep dan Bangkalan sama-sama menawarkan lahan untuk sirkuit balap Moto GP. Hal itu diungkapkan Juru bicara Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), Faisal Yasir, Minggu (10/4/2016).

Diakuinya, Pemkab Sumenep bersedia menjadi tuan rumah gelaran balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu. Pernyataan ini menanggapi Kementerian Pemuda dan Olahraga yang tengah mencari lokasi untuk menggelar MotoGP.

Kesanggupan itu diungkapkan Bupati Sumenep Busyro Karim saat bertemu BPWS beberapa waktu lalu. "Sumenep meminta bantuan kami untuk menyampaikan kesanggupan itu ke pemerintah pusat," kata Faisal, Minggu (10/4/2016).

Lokasi yang ditawarkan adalah wilayah utara Pulau Madura. Faisal menilai wilayah utara Madura yang merupakan kawasan pesisir, dimana sangat tepat dijadikan sirkuit MotoGP. Selain panoramanya yang indah, secara geografis, wilayahnya yang landai sehingga sangat cocok untuk balapan.

Selain itu, kata Faisal, Sumenep ideal menggelar balapan bergengsi dunia itu karena telah memiliki hotel serta bandara. "Kalau disetujui, sirkuit Sumenep akan mirip Sirkuit Philip Island, Australia, dan Argentina," ujarnya.

Faisal menambahkan, selain Sumenep, Kabupaten Bangkalan juga bersedia menyiapkan lahan untuk dibangun sirkuit MotoGP. Kesanggupan itu diungkapkan Wakil Bupati Bangkalan Mondir Rofi'i dengan alasan kesempatan menjadi tuan rumah akan meningkatkan perekonomian warga Bangkalan. Bangkalan juga sangat strategis karena dekat dengan Surabaya dan transportasi mudah dengan adanya Jembatan Suramadu. "Kesanggupan dua kabupaten ini membuat kami bersemangat memperjuangkan," tuturnya.

Faisal pun menjamin keberadaan sirkuit tidak akan merusak adat istiadat dan budaya meski MotoGP identik dengan sampanye dan umbrella girl. "Kami bisa ikuti Qatar. Di sana umbrella girl berpakaian sopan dan tidak ada pesta sampanye," ucapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: