Tak hanya ekspansi film, India siap saingi Jepang garap pasar otomotif RI

Selasa, 12 Januari 2016 | 12:15 WIB ET
(dok. kabarbisnis.com)
(dok. kabarbisnis.com)

MUMBAI, kabarbisnis.com: Produsen otomotif dari India akan lebih ekspansif menyerbu pasar Indonesia. Mereka siap bersaing dengan Jepang yang selama ini mendominasi pasar otomotif Indonesia. Produsen otomotif India itu antara lain Tata Motors, Mahindra, TVS Motor, dan Bajaj.

“Merek-merek Jepang sangat kuat di pasar Indonesia. Padahal, perusahaan India juga mampu menghasilkan produk berkualitas. India harus berjuang keras untuk merebut pangsa dan posisi di Indonesia,” kata Konsul Jenderal Indonesia di Mumbai Saut Siringoringo seperti dikutip dari media India, The Hindu, belum lama ini.

Saut menilai, kehadiran merek India telah meningkatkan kompetisi dan menciptakan lebih banyak pilihan bagi pelanggan di Indonesia. Indonesia merupakan pasar kendaraan roda dua terbesar ketiga di dunia.

Saat ini, perusahaan India seperti Tata, TVS Motor, dan Bajaj sudah sangat aktif mengembangkan pasar Indonesia melalui produk-produk andalannya. Sekarang, Mahindra & Mahindra juga bakal mengikuti jejak mereka. Mahindra & Mahindra berencana menjual truk di Indonesia mengingat kebutuhan akan kendaraan tersebut cukup besar di sini. kbc9

Bagikan artikel ini: