Router WiFi kini juga bisa untuk charger wireless smartphone

Kamis, 11 Juni 2015 | 13:44 WIB ET

CANADA, kabarbisnis.com: Selain sebagai sarana untuk menghubungkan perangkat elektronik, sebuah router WiFi kini juga bisa berfungsi untuk mengisi baterai smartphone dengan cara wireless.

Adanya fungsi lain ini berkat sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Washington. Seperti dilansir dari ubergizmo, Rabu (10/6/2015), kemampuan pengisian baterai smartphone secara wireless efektif hingga jarak maksimal 8,5 meter. 

Tentunya ada perangkat tambahan untuk bisa membuat router WiFi menjadi charger wireless yaitu sebuah sensor. Fungsi untuk mengubah power RF yang dikirimkan router menjadi tenaga listrik DC yang selanjutnya bisa dipakai untuk mengisi baterai.

Bukan hanya itu saja, perangkat ini juga harus dimodifikasi dengan update firmware tertentu sehingga proses pengisian baterai tidak mengganggu fungsi penghubung perangkat elektronik ke internet.

Meskipun perangkat ini melakukan pengisian secara wireless namun,  router WiFi masih terhubung dengan internet. Akan tetapi teknologi ini masih mengalami penyempurnaan, belum ada kepastian kapan perangkat ini kan dijual. kbc10

Bagikan artikel ini: