Pemerintah siap bagi konverter kit di kota-kota ini

Senin, 3 Maret 2014 | 15:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tahun 2014 ini kembali melanjutkan program pemasangan konverter kit sebagai upaya konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tahun ini bahkan berencana memasang 4.000-4.600 unit konverter kit. Alat ini akan dipasang pada angkutan umum di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Untuk pemasangan konverter kit ini, pemerintah menganggarkan sekitar Rp 200 miliar.

onverter kit adalah rangkaian komponen khusus untuk mengonversi pemakaian BBM ke BBG yang dimasukkan atau diinjeksikan ke dalam ruang bahan bakar pada silinder mesin kendaraan bermotor.

Program ini seharusnya dilaksanakan pada 2012 dan 2013. Namun, pelaksanaan terpaksa ditunda karena berbagai kendala, terutama masih kurangnya fasilitas pengisian stasiun bahan bakar gas (SPBG).

Selain itu, program ini sempat terkendala karena menyangkut dua kementerian, yakni Kemenperin dan Kementerian ESDM. Namun, pada 2014, Kemenperin ditetapkan sebagai lembaga yang mengeksekusi program ini.

Sebelumnya, MS Hidayat mengatakan, program konversi BBM ke BBG akan menjadi komitmen industri nasional. Konverter kit ini akan dipasang di angkutan transportasi umum, mobil-mobil dinas, lembaga, kementerian, BUMN, dan kemudian kendaraan pribadi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengambil alih penganggaran proyek konverter kit dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak 2013.

Kementerian Perindustrian sudah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 70/M-IND/PER/7/2012 tentang Pemberlakuan Persyaratan Teknis Rangkaian Komponen Konverter Kit untuk Kendaraan Bermotor Secara Wajib. kbc10

Bagikan artikel ini: