Bulan ini, Terminal 2 Bandara Juanda bakal beroperasi

Sabtu, 8 Februari 2014 | 18:06 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Angkasa Pura (AP) I memastikan bahwa Terminal 2 (T2) Bandara International Juanda Surabaya akan mulai beroperasi pada bulan ini. Renovasi terminal lama Bandara internasional Juanda tersebut membutuhkan dana investasi sebesar US$94,6 juta (internal) dengan kapasitas 6 JPT (juta penumpang per tahun).

"Secepatnya akan kami operasikan pada bulan ini. Seluruh pekerjaan renovasi sudah selesai dengan memakan waktu kurang lebih 1 tahun 6 bulan," kata PTS. General Manager Bandara Juanda Surabaya Syahroni Effendi di Surabaya, Sabtu (8/2/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, pengoperasian T2 Bandara Juanda ini memang sangat mendesak. Karena dengan kapasitas terminal 6,5 JPT (juta penumpang per tahun), Bandara Internasional Juanda Surabaya eksisting telah mengalami over capacity di tahun 2013 dengan jumlah 17,6 juta penumpang per tahun. Sehingga untuk memenuhi kapasitas terminal, maka dilakukan pemanfaatan kembali terminal lama Bandara Juanda.

Dalam pelaksanaannya, tidak semua maskapai bisa menikmati fasilitas di T2, karena terminal tersebut akan dikhususkan untuk tiga maskapai, yakni Garuda Indonesia, Tigerair Mandala dan AirAsia.

Semula dalam program sinergi BUMN, hanya Garuda yang akan menggunakan terminal domestik di T2. Namun karena kapasitas penumpang Garuda setahun hanya berkisar 3,5 juta orang, akhirnya disepakati Tiger Mandala dan AirAsia juga akan menggunakan terminal tersebut. Beroperasinya Mandala dan AirAsia menyebabkan jumlah penumpang di terminal domestik menjadi 4,5 juta. Sementara kapasitas yang belum digunakan bisa untuk penerbangan internasional.

Selain itu guna meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna jasa, PT Angkasa Pura I melakukan kolaborasi strategis dengan Bandara Incheon Korea Selatan. Kolaborasi salah satunya dalam mengusung konsep baru bagi areal penyewaan komersial di kompleks bandara Juanda.

"Dan sebagai rasa syukur kami atas selesainya seluruh pekerjaan renovasi, tadi malam kami telah menggelar pagelaran wayang kulir dengan Dalang Ki Cahyo Kuntadi. Kami juga mengundang seluruh warga desa di lingkungan Bandara Juanda Surabaya dan Mitra Kerja setempat.kbc6

Bagikan artikel ini: