Genjot pendapatan, McDonald`s sediakan menu sarapan 24 jam

Senin, 6 Mei 2013 | 05:37 WIB ET

WASHINGTON, kabarbisnis.com: Apa menu favorit Anda untuk sarapan? Apakah Anda termasuk penggemar menu breakfast McDonald`s? Jika iya, maka Anda patut bersorak karena McDonald`s sedang bersiap untuk menyediakan menu breakfast-nya selama 24 jam penuh.

Dilansir dari Forbes, dalam wawancara terakhir dengan CNBC, CEO McDonald`s Don Thompson mengisyaratkan jika saat ini mereka sedang bersiap mengembangkan menu breakfast mereka. Jika biasanya menu breakfast akan berakhir setelah pukul 10.30, McDonald`s bersiap untuk menyiapkan menu breakfast untuk 24 jam sehari.

Rencana ini terinspirasi dari survei yang menunjukkan bahwa rata-rata orang Amerika Serikat menikmati menu khas sarapan hampir dua kali sehari. Biasanya saat berangkat kerja mereka mampir untuk membeli latte seharga US$ 4 di Starbucks pada sekitar pukul 08.00, lalu dua jam kemudian menuju Dunkin Donuts untuk membeli bagel sandwich seharga US$ 2.

Menawarkan Egg McMuffins saat lunch atau dinner bukan hanya trik marketing McDonald`s, hal itu diyakini bisa membantu meningkatkan laba perusahaan setelah pendapatan mereka loyo pada kuartal pertama dan penurunan penjualan dibanding competitornya.

McDonald`s sebenarnya sudah memenangkan persaingan dengan sekitar 25% dari keseluruhan pemasukan perusahaan berasal dari menu breakfast dan seperlima share of market senilai sekitar US$ 12,5 miliar. Keberhasilan penjualan menu Gourmet McCafe artinya McDonald`s berhasil menjual lebih banyak coffee drip dari competitor lain di AS, termasuk Starbucks.

Jika menilik riset yang telah dilakukan oleh Mintel tersebut, artinya McDonald`s telah memilih waktu yang tepat untuk mempertimbangkan langkah ini. Breakfast category membukukan keuntungan sebesar 19,5% dalam penjualan dari 2007 hingga 2011, dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 25,7% hingga 2017. kbc10

Bagikan artikel ini: