Kemenkeu buka lowongan 15.000 PNS di 2013

Jum'at, 21 Desember 2012 | 16:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebagai upaya untuk menggenjot penerimaan negara serta memperkuat layanan publik, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana membuka lowongan pegawai negeri sipill (PNS) baru di tahun depan. Lowongan itu diperuntukkan bagi Dirjen Pajak dan Direktorat Bea dan Cukai.

"Presiden sudah setuju menambah sumber daya manusia (SDM) di 2013 di Dirjen Pajak dan Direktorat Bea Cukai," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo di kantornya Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Menurut Agus, rinciannya penambahan SDM untuk Dirjen Pajak sekitar 10.000 orang dan Direktorat Bea Cukai sekitar 5.000 orang. Jumlah SDM tersebut akan dicapai dalam tiga tahun mendatang.

Sekadar catatan, pemerintah melalui Dirjen Pajak menargetkan setoran pajak pada 2013 sebesar Rp 1.178,9 triliun. Jumlah tersebut meningkat 16 persen dibanding tahun ini.

Agus mengakui peningkatan tersebut tentu tidak mudah untuk diwujudkan. Pasalnya, masih banyak masalah menghantui sektor perpajakan di Indonesia. Salah satu masalah, menurut Agus, adalah rendahnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Meski tidak menyebutkan angka pasti, ia mengatakan masih banyak masyarakat yang mangkir dari kewajiban ini. Masalah lain adalah banyaknya wajib pajak yang belum terdaftar. Selain itu, ada wajib pajak yang tidak membayar pajak sesuai dengan ketentuan.

Sementara target penerimaan yang diusung Bea Cukai sampai akhir 2012 mencapai Rp 131,2 triliun. Dari Rp 89 triliun yang didapat, 90 persen dihasilkan dari cukai rokok dan selebihnya dihasilkan dari cukai minuman MMEA (etil alkohol).

Di sisi lain, penambahan pegawai baru di tahun 2013 membuat target penerimaan Bea Cukai akan meraup sebesar Rp 151 triliun. kbc10

Bagikan artikel ini: