Pefindo beri rating A- untuk CMNP

Jum'at, 30 November 2012 | 14:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat A- untuk CMNP dan rencana Obligasi serta Sukuk Ijarah yang akan diterbitkan oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), dengan outlook stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan volume lalu lintas yang tinggi untuk Jakarta Intra Urban Toll Road (JIUT) milik perusahaan yang mengakibatkan arus pendapatan stabil dan dapat diprediksi, struktur tarif yang lebih baik dan marjin profitabilitas kuat.

Demikian menurut analis Pefindo Niken Indriarsih di Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Namun, peringkat terbebani portofolio jalan tol perusahaan yang terbatas, struktur permodalan agresif dalam jangka pendek hingga menengah untuk membiayai pengembangan jalan tol baru dan risiko bisnis terkait dengan pengembangan jalan tol baru.

Sementara itu, CMNP membidik pendapatan Rp915 miliar dengan laba bersih Rp262,4 miliar pada 2013. Hal ini didukung pertumbuhan volume lalu lintas di sejumlah jalan tol dan perbaikan koneksitas jaringan jalan tol yang dikelola perseroan.

Untuk 2012, perseroan memperkirakan mampu memperoleh pendapatan konsolidasi Rp863 miliar atau naik 7,47%, YoY. Kenaikan volume lalu-lintas harian rata-rata Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Waru-Juanda, serta penyelesaian tarif tol ruas Waru-Juanda Surabaya yang berlaku sejak 8 Juni, telah berkontribusi terhadap peningkatan konsolidasi.

Laba bersih CMNP 2012 diperkirakan turun 6,44% atau Rp334 miliar dibandingkan laba bersih 2011 Rp357,04 miliar. Penurunan t ersebut karena pada 2011 terdapat benefit pajak. Sementara itu, beban usaha mengalami peningkatan, terutama karena naiknya biaya pemeliharaan jalan tol. kbc9

Bagikan artikel ini: