Pacu produksi, PT PAL rajin revitalisasi fasilitas

Rabu, 24 Oktober 2012 | 15:43 WIB ET
(KB/Purna Budi Nugraha)
(KB/Purna Budi Nugraha)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen kapal PT PAL Indonesia (Persero) menginvestasikan Rp 150 miliar pada 2012 untuk revitalisasi fasilitas produksi. Direktur Utama PT PAL Firmansyah Arifin mengatakan dana tersebut akan terus ditambah untuk menghidupkan kembali perusahaan yang tahun lalu mencatatkan kerugian bersih Rp 1,32 triliun itu.

"Dengan manajemen baru serta dukungan finansial baik dari pemerintah maupun stakeholders, kami optimistis bisa kembali bangkit. Salah satu langkah awalnya adalah dengan melakukan revitalisasi peralatan produksi kami," ujarnya di sela peresmian program revitalisasi fasilitas produksi dan pendukung PT PAL, Rabu (24/10/2012).

Ia menambahkan, proses revitaslisasi tersebut akan terus berjalan hingga 2014 dimana perseroan akan banyak melakukan belanja modal untuk modernisasi peralatan. Pada tahun 2013 dan 2014 perseroan akan mengalokasikan sektiar Rp75 miliar guna melanjutkan proses revitalisasi tersebut.

Firmansyah mengatakan, dana revitalisasi tersebut berasal dari penyertaan modal negara (PMN) di mana PT PAL tahun ini mendapat tambahan sekitar Rp 648 miliar. "Dana PMN itu separuhnya kami alokasikan untuk belanja modal, termasuk untuk revitalisasi peralatan ini, serta separuhnya untuk oeprasional perusahaan," katanya.

Fasilitas yang direvitalisasi kali ini mencakup seluruh divisi baik divisi produksi yang meliputi divisi Kapal perang, divisi Kapal Niaga, Divisi rekayasa umum, Divisi Perawatan dan Perbaikan serta divisi teknologi. Dengan revitalisasi ini, Firmansyah menjanjikan  kinerja perseroan yang lebih baik khususnya dalam pelayanan terhadap konsumen.

Ia mencontohkan, untuk divisi perwatan dan perbaikan diharapkan bisa memangkas waktu docking agar pelanggan tidak lari ke docking lain. "Jika dulu waktu docking bisa 3-4 minggu, kini kami bisa pangkas hanya menjadi separuhnya. Dengan adanya revitalisasi ini kami berharap bisa memberikan pelayanan yang lebh baik kepada pelanggan kami," terang Firmansyarh. Kbc8

Bagikan artikel ini: