Tradisi dua periode, Darmin terpilih ketua ISEI lagi

Kamis, 4 Oktober 2012 | 19:34 WIB ET

YOGYAKARTA, kabarbisnis.com: Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution kembali terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), dalam Konggres ISEI XVIII di The Sahid Rich Hotel, Yogyakarta. Darmin terpilih Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI periode 2012-2015 secara aklamasi. Sedangkan Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Darmansyah Hadad Ditetapkan menjadi Ketua Harian.

“Sebenarnya ada beberapa nama, tetapi akhirnya disepakati Pak Darmin untuk memimpin lagi,” jelas Ketua Pelaksana Pusat Kongres ISEI, Edi Suandi Hamid, Kamis (4/10/2012).

Menurutnya, menjadi ketua umum dua periode sudah menjadi tradisi dalam ISEI. Apalagi dalam laporan pertanggungjawaban yang disampaikan tidak ada catatan dan semuanya bisa menerima.

Suksesi ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) kali ini memang agak berbeda. Konferensi yang dilakukan di Yogyakarta tersebut tidak hanya memilih Ketua Umum, tetapi juga mengamandemen anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART).

Selain Darmin, beberapa nama muncul dalam bursa ketua ISEI periode 2012-2015, diantaranya Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, dan Dirjen Pajak Kemenkeu Fuad Rahmany.

"Pak Agus Martowardojo banyak juga yang dukung. Tapi kita kan biasanya 2 periode, arus bawah banyak yang minta pak Darmin untuk maju lagi dan beliau bersedia. Tadi aklamasi prosesnya," ujar Edy

Intinya, tambah Edy, ISEI akan mendorong munculnya ekonom-ekonom muda, misalnya dengan menggelar even young economist contest.

"Selama ini kan ada kesan elit, jadi kami coba dorong munculnya ekonom muda. Selain itu yang jelas akan memperkuat ISEI cabang," tambahnya.

Sementara itu, Darmin Nasution dalam sambutannya mengharapkan seluruh anggota ISEI untuk aktif. Tidak hanya bagi pengurus dan anggota di pusat, namun juga anggota di daerah dan cabang.

“Butuh kesadaran bersama agar ISEI lebih banyak bermakna,” jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: