3.500 Pekerja ikut mudik bareng Kadin Surabaya

Jum'at, 10 Agustus 2012 | 12:50 WIB ET
Ketua Kadin Surabaya Jamhadi
Ketua Kadin Surabaya Jamhadi

SURABAYA, kabarbisnis.com: Untuk yang ke-15 kalinya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya menyediakan fasilitas transportasi bus untuk mudik gratis para pekerja. Tahun ini, Kadin Surabaya menyediakan sekitar 70 unit bus dengan kapasitas 3.500 pemudik.

"Tahun lalu kami memberangkatkan sekitar 3.000 pemudik dengan 65 bus, tahun ini kami menyediakan 70 bus yang bisa menampung sekitar 3.500 pemudik," ujar Ketua Kadin Surabaya, Jamhadi, Jumat (10/8/2012).

Beberapa tujuan kota mudik yang disediakan adalah Jember, Blitar, Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Tuban, Bojonegoro, Jombang, dan Nganjuk.

Menurut Jamhadi, kegiakan mudik gratis oleh Kadin Surabaya ini adalah sebagai wujud rasa terima kasih pengusaha kepada para pekerja yang selama ini telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk membantu perkembangan bisnis.

Bahkan, lanjutnya, ketika menjelang Lebaran, saat tenaga mereka sangat diperlukan karena besarnya permintaan, pekerja dengan rela tidak libur panjang. Para pekerja baru libur pada H-1. Sehingga, sebagai kewajiban moral, pengusaha harus menyediakan transportasi mudik gratis bagi pekerja.

Ke-70 unit bus tersebut akan dibagi dua, pertama diberangkatkan dari kawasan Margomulyo pada tanggal 17 Agustus 2012 dan yang kedua akan diberangkatkan di lokasi PT Sier pada tanggal 18 Agustus 2012.

"Sebenarnya, yang berminat cukup banyak, mencapai 5.000 lebih pemudik. Karena keterbatasan kemampuan, saat ini kami hanya bisa menyediakan itu. Kami berharap, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang bisa diberangkatkan," ujarnya. kbc6

Bagikan artikel ini: