Zebra ekspansi SPBG di Gresik senilai US$2 juta

Rabu, 20 Juni 2012 | 22:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Operator taksi Zebra di Surabaya, PT Zebra Nusantara Tbk berencana membangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di Gresik, Jatim pada akhir tahun 2012.

Perwakilan Direksi Zebra Nusantara, Jopie Widjaja mengatakan, pembangunan SPBG yang menelan investasi sekitar US$2 juta tersebut rencannya akan selesai pada November 2012.

“Selain untuk memnuhi kebutuhan gas untuk armada taksi kami sendiri, gas ini nantinya juga akan kami jual ke perusahaan dan industri lain yang membutuhkan,” katanya, Rabu (20/6/2012).

Dipaparkannya, selain di Gresik, emiten berkode ZBRA ini juga akan membangun SPBG di Karawang Jabar. Rencananya, pembangunan akan dilakukan pada tiga bulan mendatang.

Selain itu, perseroan juga berencana melakukan investasi untuk pembelian 35 unit truk trailer untuk mendistribusikan gas ke perusahaan satu grup atau pelanggan dari perusahaan lain. Tiap unit truk trailer diperkirakan memerlukan biaya sekitar Rp1,5 miliar. Jadi untuk pembelian 35 unit truk trailer tersebut, perseroan menyaipkan dana sedikitnya Rp 52,5 miliar.

Semua lini bisnis gas dan distribusinya akan ditangangai oleh anak usaha perseroan, PT Zebra Energi.

Keberadaan SPBG di Gresik nantinya akan sangat menunjang pasokan gas, khususnya ke untuk armada taksi Zebra. Tiap hari, menurut Jopie, seluruh armada membutuhkan pasokan gas sekitar 1 million metric british thermal unit (MMBTU).

Untuk suplai gas, selama ini dilayani di pool-pool taksi Zebra. Nantinya, suplai gas akan didatangkan langsung dari SPBG Gresik. “Semua ini kami lakukan juga untuk menunjang program pemerintah soal konversi premium ke gas,” ujar Direktur PT Zebra Energi, Irawati Handojo. kbc8

Bagikan artikel ini: