Telkom siap pasang 50.000 Wi-Fi di 10 kota

Kamis, 3 Mei 2012 | 16:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Telkom siap memasang sebanyak 50.000 titik jaringan Internet nirkabel Wi-Fi (wireless fidelity) di 10 kota besar tahun ini.

Kesepuluh kota itu yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Lainnya, Makasar, Menado, Pontianak, Batam, dan Medan.

Direktur IT Solution & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo mengatakan, titik hotspot tersebut dipasang di area publik seperti pusat perbelanjaan, kafe dan lembaga pendidikan.

"Sekitar 95 persen pengguna Internet di Indonesia mengakses lewat Wi-Fi. Karena kebutuhan yang besar itulah, kami sediakan puluhan ribu titik Wi-fi yang berkecepatan minimal 20 Kbps," kata Indra usai peresmian ICT Expo di Jakarta, Kamis (3/5/2012).

Dipaparkannya, pemasangan titik Wi-Fi di 10 kota besar akan dimulai pada bulan ini atau Juni. Bila 50.000 titik sudah terpasang, perusahaan akan melanjutkan memasang 1 juta titik Wi-Fi hingga tiga tahun mendatang.

"Sepuluh kota besar ini kami prioritaskan karena besarnya pertumbuhan akses Internet di sana, terutama di Pulau Jawa. Dari 10 kota, lima di antaranya ada di Pulau Jawa," tutur Indra.

Menurutnya, pemasangan titik Wi-Fi tidak akan rumit bagi perusahaan karena jaringan kabel optik Telkom sudah tersebar banyak. Di ujung serat, tinggal dipasang akses poin Wi-Fi.

Program pemasangan hotspot ini disebut Indonesia Wi-Fi yang melibatkan Telkomsel, Speedy, dan Flexi. kbc10

Bagikan artikel ini: