VIA bantu wujudkan mimpi jadi pengusaha travel agent

Minggu, 22 April 2012 | 11:22 WIB ET
Suasana stand Via Travel di penuhi pengunjung di acara Gebyar Wirausaha di gramedia Expo Surabaya.
Suasana stand Via Travel di penuhi pengunjung di acara Gebyar Wirausaha di gramedia Expo Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Selama ini, untuk bisa merintis sebuah usaha apalagi di bidang jasa, harus memiliki modal atau dana yang cukup. Ini untuk kebutuhan ruang usaha yang strategis, peralatan, promosi, serta modal awal.

Kendala ini yang seringkali menghadang masyarakat ketika niat mereka untuk bisa mandiri sedang menggebu-gebu. Kenyataan ini pula yang ditangkap VIA, yang menawarkan konsep kerja sama di bidang penjualan tiket pesawat secara online tanpa harus tanpa harus menyertakan modal besar.

Memang, saat ini transaksi bisnis travel sangat kompleks, karena agen perjalanan harus berjuang keras berpindah dari satu sistem reservasi ke reservasi lain, seperti Amadeus, Abacus, Galileo, serta sistem airline lain yang berdiri sendiri. Kondisi itu membuat proses menjadi sangat membosankan. Namun VIA mampu menyederhanakan sistem tersebut dan memberikan hal yang belum pernah ditemui oleh mitra bisnisnya.

VIA merupakan perusahaan layanan travel dengan model bisnis B2B pertama yang didirikan di India pada Juli 2006. Konsep baru yang ditawarkan saat itu mampu mendorong pendapatan VIA hingga 500 juta dolar AS hanya dalam waktu tiga tahun. Dari awal didirikan, VIA telah merevolusi bisnis travel di negara ini secara perlahan dan memberi nilai tambah yang menguntungkan bagi pelanggan dan pelaku bisnis.

Saat ini, VIA telah menjema menjadi perusahaan travel terkemuka di India dengan jaringan yang bertumbuh sekitar 75.000 agen yang terdaftar seluruh daerah dan kota di kawasan Asia Pasifik.

Country Manager VIA Indonesia, Srinivas Murthy mengatakan, teknologi, pemasaran dan tim penjualan VIA merupakan yang terbaik dalam industri ini. Survei pasar secara berkala, penemuan teknologi dan layanan yang cepat dengan harga bersaing merupakan kunci kesuksesan VIA.

"Kami bekerja sama dengan perusahaan Global Destination dan Travel Management, badan pemerintah di pusat dan daerah dan perusahaan lain guna mempermudah dan memperkuat layanan travel kami," kata Srinivas saat menggelar pameran di arena Gebyar Wirausaha di Gramedia Expo Surabaya pada 21-22 April 2012.

Selain di India sebagai negara asalnya, saat ini VIA telah hadir di Fillipina, dan Indonesia. Di tahun ini juga, Malaysia, Singapura serta Vietnam juga menjadi bidikan. "Di Indonesia sendiri, kami sudah memiliki lebih dari 1.500 member atau mitra usaha, dan kami optimistis hingga akhir tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 10.000 member. Pasalnya, animo masyarakat luar biasa," ungkap Srinivas.

Menurutnya, tingginya permintaan masyarakat untuk bergabung dan maju bersama VIA tersebut tak lepas dari sejumlah keunggulan yang ada pada VIA. Keunggulan itu yakni pembelian produk travel apapun, seperti tiket pesawat, paket wisata, hotel, kereta api, kapal laut, dan bis hanya dari satu layar tanpa harus pindah tempat.

Kedua, member hanya membayar satu deposit untuk semua produk travel di atas. Ketiga, layanan pelanggan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Keempat, laporan dan analisis online dan real time. Dan kelima, teknologi global namun bisa terjangkau lokal.

"Siapapun Anda, bisa memesan tiket semua maskapai penerbangan baik domestik maupun internasional dan langsung mendapatkan konfirmasi. Di sana kita tinggal mengklik rute dan pesawat yang dipilih, dan langsung tertera harga tiket, termasuk data komisi bagi member yang langsung masuk ke rekening deposit member yang bersangkutan," papar Emir Bustamam, Sales Manager VIA Travel More.

VIA sendiri membebankan biaya transaksi hanya Rp 10.000 untuk pembuatan tiket melalui platform VIA. VIA juga memberikan training gratis bagi member pemula hingga mereka bisa menghasilkan uang dari bisnis itu.

"Bagi yang mau bergabung, bisa langsung mendaftar melalui alamat website http://id.via.com dengan mengklik tombol register dan mengisi form. Setelah beres member akan mendapatkan nomor akun Mitra VIA yang unik dan bisa diaktifkan hanya dengan membayar Rp 5 juta ke rekening VIA. Uang ini bukan apa-apa, hanyalah untuk deposit dan member bisa memesan tiket senilai uang deposit yang ia bayarkan," jelas Emir.

Ditambahkannya, setelah member membayar uang deposit, bisa langsung menelepon atau mengirimkan faksimili ke pusat layanan pelanggan VIA dengan menyertakan ID Transaksi termasuk nama bank. Dalam hitungan menit, akun member langsing diaktifkan. kbc7

Bagikan artikel ini: