Bantu UMKM dengan skema modal ventura

Selasa, 10 April 2012 | 15:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Guna memberikan jaminan usaha serta permodalan bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM), Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) bersama Kementerian Perindustrian menjalin kerja sama pengembangan UMKM melalui skema modal ventura.

Ketua Divisi Antar Bidang Keuangan DPP Hippi, Anton Natakoesoemah mengatakan, saat ini sudah ada 20 pengusaha yang berkomitmen turut serta dalam program modal ventura Hippi.

"Nantinya pengusaha itu akan menyertakan modal ke perusahaan bentukan Hippi, misalnya namanya PT Hippi," kata Anton di sela penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin dan Hippi di Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Menurutnya, kemitraan Hippi dengan perusahaan pasang usaha (PPU) akan berlangsung selama 3-5 tahun dengan penyertaan modal maksimal Hippi sebesar 49 persen.

Perusahaan modal ventura tersebut akan membentuk perusahaan patungan dengan IKM yang membutuhkan modal usaha pada kisaran Rp1 miliar-Rp5 miliar.

Fokus Hippi adalah PPU yang bergerak bidang industri kreatif, industri berbasis perikanan dan industri berbasis pertanian. Selain penempatan dana, Hippi juga berencana menempatkan tenaga ahli untuk mendampingi PPU dalam bidang pemasaran, produksi dan suplai bahan baku. kbc10

Bagikan artikel ini: