2012, Pasar ultrabook bakal melonjak

Selasa, 20 Desember 2011 | 11:33 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen chip dan prosessor komputer, Intel Corporation, memperkirakan notebook tipis bertenaga (ultrabook) akan meningkat tahun depan.

Direktur Penjualan Intel Indonesia Brata Rafly mengatakan laptop jenis ini akan meraih pangsa hingga 40% dari total penjualan komputer tahun depan.

"Kami perkirakan tahun depan akan makin banyak produsen komputer yang memproduksi ultrabook karena permintaannya terus naik. Kami optimistis market Ultrabook bisa menggeser pasar Notebook dan Netbook," katanya kepada kabarbisnis.com, Selasa (20/12/2011).

Intel pun sudah menyiapkan teknologi pendukung ultrabook seperti prosesor khusus consumer ultra low voltage (CULV) yang bertenaga namun hemat energi. Intel juga menyiapkan chip grafis terintegrasi, SSD drive dan piranti pendukung Ultrabook lainnya.

Brata menambahkan, Ultrabook merupakan kategori komputer jinjing yang ramping, stylish namun bertenaga. intel mensyaratkan katagori Ultrabook yakni ketebalannya di bawah 20 mm, berat tak lebih dari 1,4 kg, baterai dengan ketahanan antara 5-8 jam dan menggunakan media penyimpanan berbasis solid state disk (SSD).

Saat ini beberapa vendor siap memasarkan Ultrabook. Vendor-vendor itu di antaranya LG, Asus, Acer, Toshiba, Samsung, HP, dan Lenovo.

Ia menambahkan, meski potensial untuk dipasarkan,penetrasi jenis komputer ini terkendala karena karena harganya yang cukup mahal, berkisar US$ 1,000 atau sekitarRp 9 jutaan per unit. kbc8

Bagikan artikel ini: