Pabrik Nestle US$ 200 juta beroperasi 2013

Senin, 12 September 2011 | 13:29 WIB ET

KARAWANG, kabarbisnis.com: PT Nestle Indonesia bersiap mengoperasikan pabrik terbaru mereka di Karawang, Jawa Barat, pada 2013. Produsen susu Dancow itu menyiapkan modal US$200 juta untuk pabrik keempatnya itu.

Presiden Direktur Nestle Indonesia Arshad Chaudry menjelaskan, pabrik itu nantinya menjadi basis produksi susu Nestle di kawasan Asia Tenggara.

Luas pabrik Nestle di Karawang mencapai 28,8 hektare (ha). Penyerapan tenaga kerjanya diprediksi menapai 600 orang. Pabrik itu bakal berkapasitas produksi olahan susu sebesar 65.000 ton per tahun.

"Kami yakin pasar di Indonesia akan terus tumbuh dengan bagus. Produksi bisa terserap karena kebutuhan konsumsi susu setiap tahunnya selalu meningkat," ujar dalam acara peletakan batu pertama pabrik Nestle di Karawang, Senin (12/9/2011).

Maret lalu, Nestle juga sudah memperluas pabrik di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, dengan investasi hingga US$100 juta.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menuturkan, ekspansi Nestle ini membuktikan iklim ekonomi di Indonesia terus membaik. "Berdirinya pabrik baru memberi nilai tambah bagi industri dalam negeri, sehingga kita bisa terus mengurangi impor," kata Hidayat.

Saat ini, konsumsi susu di Indonesia masih rendah, yakni 11,09 liter per kapita per tahun. Jumlah ini lebih rendah dari konsumsi susu rata-rata di Asia Tenggara yang mencapai 20 liter per tahun. Dengan asumsi itu, ke depan pasar susu diprediksi masih sangat prospektif. kbc11

Bagikan artikel ini: