Pacu Kinerja, PTPN I Regional 4 Perluas Pasar Ekspor Tembakau ke Eropa dan Amerika Latin

Selasa, 19 Maret 2024 | 04:07 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 4 terus memacu kinerja komoditas tembakau. Kali ini, Sub Holding Supporting Co tersebut berupaya memperluasan pangsa pasar ekspor tembakau ke Eropa dan Amerika Latin. Rencananya pasar baru ini akan menyerap 20% Top Grade tembakau produksi Regional 4.

“Tahun 2024 kami mendapatkan pasar tembakau baru dari Eropa dan Amerika Latin. Hal ini tentunya akan meningkatkan potensi pendapatan PTPN 1 Regional 4 di tahun 2024,” terang Subagiyo, Region Head PTPN I Regional 4 di Surabaya, Senin (18/3/2024) malam.

Subagiyo juga menambahkan bahwa adanya pasar baru ini diproyeksikan akan meningkatkan pencapain revenue perusahaan sekitar Rp 50 miliar hingga Rp 60 miliar. Hal ini juga menunjukkan bahwa tembakau yang dihasilkan oleh PTPN I Regional 4 merupakan tembakau yang berkualitas.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk menghasilkan tembakau berkualitas tersebut, PTPN I Regional 4 melakukan beberapa strategi. Di sisi on farm, penyediaan bahan dan barang kebutuhan sarana produksi akan dipercepat, ditunjang dengan kebutuhan sarana di gudang pengering.

Selain itu, dilakukan monitoring hasil pengolahan tembakau melalui pra inspeksi bersama untuk mengecek kesesuaian dengan permintaan pasar, sehingga dapat meminimalisir adanya rework dan reject oleh pembeli.

Saat ini, komoditas tembakau milik PTPN I Regional 4 telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian terutama di wilayah Jember. Pada saat peak season, Kebun Tembakau Regional 4 akan menyerap tenaga kerja sekitat 20.000 orang pekerja. Sehingga keberhasilan kebun tembakau akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Rencananya, April 2024 mendatang akan mulai dilakukan pembibitan untuk masa tanam tembakau 2024, yang akan dilanjutkan dengan tanam perdana pada pertengahan Mei 2024.

"Kami terus mematangkan strategi untuk pencapaian target kinerja 2024, serta terus berkoordinasi dengan pemerintah maupun masyarakat sekitar untuk bersama-sama mensukseskan kinerja di tahun 2024 ini," pungkas Subagiyo.kbc6

Bagikan artikel ini: