Tips Agar Pinjaman Capat Disetujui

Senin, 18 Maret 2024 | 13:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dalam kehidupan sosial tentunya saling meminjam hal yang biasanya. Karena setiap orang terkadang mengalami kebutuhan yang mendadak dibatas kemampuan dirinya. Sehingga membutuhkan bantuan berupa pinjaman kepada orang lain. Tapi hal itu juga tidak mudah karena setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman kepada perusahaan atau lembaga keuangan. Tetapi hal ini juga tidak mudah dapat disetujui. Biasanya mereka juga akan melakukan analisa terkait kemampuan membayar dari calon peminjam.

Kemajuan teknologi sekarang ini telah mempermudah masyarakat dalam hal pinjaman uang. Salah satunya adalah banyaknya bermunculan pinjaman online yang dinilai mudah dan nyaman jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Saat ini sudah banyak perusahaan fintech yang menawarkan layanan tersebut.

Namun banyaknya pilihan dan kemudahan akses tidak serta merta membuat pengajuan pinjaman disetujui. Penolakan ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, bahkan ada yang karena kesalahan kecil. Jika kamu membutuhkan pinjaman KTA online cepai cair Tunaiku menjadi jawabannya.

Tunaiku sebagai bank digital merupakan platform pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, tanpa harus menaruh jaminan dengan proses yang cepat dan bunga yang bersaing, sehingga menjadi solusi masalah keuangan kamu.

Nah agar permohonan pinjaman kamu tidak ditolak maka ada beberap tips yang bisa kamu lakukan diantaranya:

1.Pilih lembaga keuangan yang terdaftar dan terpercaya

Hal terpenting ketika kamu berurusan dengan lembaga keuangan adalah harus memperhatikan legalitas dari perusahaan tersebut. kamu harus menemukan perusahaan peminjaman uang yang tepercaya dengan reputasi baik. Ini penting untuk memastikan bahwa kamu hanya berurusan dengan perusahaan profesional dan memiliki kebijakan yang jelas.

Sebagai tolak ukur apakah perusahaan tersebut terpercaya maka kamu harus memilih perusahaan yang telah terdaftar dan memiliki izin dari pemerintah dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan lembaga keuangan tersebut memiliki website atau aplikasi resmi yang sesuai.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengajukan pinjaman dan memberi kamu pekerjaan yang baik. Pertimbangkan juga nama bisnisnya sebelum mengajukan pinjaman.

2. Masukkan nomor ponsel dan kode OTP

Jika kamu ingin KTA cepat cair maka kamu tidak boleh melakukan kesalahan dalam memasukkan nomor ponsel kamu jika kamu mengajukan pinjaman melalui aplikasi atau website. Kamu harus teliti ketika memasukan kode one-time password (OTP).

Kesalahan ini saja sudah dianggap fatal dan bisa menyebabkan pengajuan pinjaman kamu gagal untuk diproses lebih lanjut. Sebelum mengirimkan permintaan, pastikan semua nomor yang ditampilkan sudah benar. Periksa berulang kali, sampai kamu benar-benar yakin tidak ada kesalahan pada nomor ponsel dan kode OTP yang tertulis di aplikasi.

3. Gunakan foto yang berkualitas

Langkah selanjutnya agar pinjaman kamu cepat cair adalah dengan memberikan foto dengan kualitas yang baik. Saat kamu mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan maka kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa foto untuk mendukung pengajuan pinjaman tersebut. Paling tidak, kamu akan diminta untuk mengirimkan foto KTP dan selfie memegang KTP.

Agar kamu tidak mengalami penolakan maka penting bahwa gambar atau foto memiliki kualitas yang baik jelas, sehingga sistem dapat membacanya. Jika foto KTP tidak jelas, sistem akan dapat membaca data pribadi darinya. Ini akan menyebabkan aplikasi macet di sistem. Pastikan untuk memberikan gambaran yang jelas dan ikuti langkah-langkah yang akan digunakan perusahaan pembiayaan.

4. Izinkan akses ke aplikasi

Langkah selanjutnya yang tidak boleh kamu abaikan, adalah ijinkan akses aplikasi. Jika kamu melakukan peminjaman uang melalui online baik itu website resmi atau aplikasi maka kamu harus mengijinkan aplikasi tersebut mengakses data yang ada di telpon kamu. Karena proses persetujuan yang digunakan oleh perusahaan berbeda dengan yang digunakan oleh bank.

Jika kamu melakukan pinjaman secara online, maka semua sistem akan bekerja online, jadi akses ponsel pribadi akan diperlukan. Dalam proses verifikasi ini, perusahaan pembiayaan akan menggunakan beberapa data ponsel sebagai input.

Nah, jika kamu menolak akses aplikasi untuk mengetahui data ponsel, maka pemeriksaan atau verifikasi tidak akan berjalan lancar dan membuat pengajuan pinjaman kamu gagal. Hindari kesalahan ini dan pastikan kamu memberikan izin terlebih dahulu.

5. Masukkan data pribadi dan kontak darurat yang valid

Selain memberikan ijin akses aplikasi masuk kedata smartphone, maka perusahaan pinjaman online juga akan memberikan verifikasi aplikasi pinjaman online juga akan dilakukan di rumah (alamat) dengan menyertakan kontak darurat. Pastikan setiap nomor telepon valid dan perusahaan dapat dihubungi.

Ingatlah untuk memberi tahu kontak darurat proses investasi pinjaman, sehingga korban tidak terkejut ketika lembaga keuangan menghubunginya. Ini akan mempermudah dan mempercepat proses persetujuan aplikasi keuangan.

6. Jangan abaikan credit scorsing

Hal yang bisa membuat kamu gagal mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan adalah credit scorsing. Skor kredit menjadi salah satu pertimbangan lembaga keuangan saat menyetujui pinjaman, termasuk perusahaan pembiayaan. Banyak variabel yang digunakan dalam hal ini, seperti: kelengkapan data diri, besaran penghasilan, usia pelamar, masa kerja, status perkawinan dan lain-lain.

Penting untuk memastikan bahwa aplikasi pinjaman dapat melewati skor kredit. Hal ini dapat dilakukan dengan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, termasuk melengkapi semua dokumen pendukung yang diperlukan.

Alasan pinjaman tidak disetujui

Seringkali, pemohon pinjaman tidak mengetahui alasan penolakan pinjaman yang telah kamu ajukan. Untuk itu kita akan membahas mengapa pinjaman kamu pada lembaga pembiayaan tidak disetujui.

Namun, kamu harus tahu bahwa permintaan tersebut ditolak tanpa alasan apapun. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa perusahaan peminjaman menolak permohonan kamu, diantaranya:

1. Gagal verifikasi

Proses verifikasi yang disediakan adalah dengan mengisi data diri seperti KTP, nama lengkap, lokasi, tanggal lahir, nomor telepon, alamat rumah, dll. Mengisi data diri sangat mudah bukan? Namun seringkali konfirmasi gagal karena salah ketik atau salah ketik akibat pengisian yang cepat.

Periksa ulang semua data yang kamu masukkan untuk memastikan tidak ada kesalahan. Pastikan pihak pemberi pinjaman bisa menghubungi nomor pribadi dan kerabat yang sudah masuk. Bahkan, masalah statistik seringkali menjadi alasan penolakan pemesanan online.

2. Kamu tidak memberi akses ke HP

Biasanya, perusahaan pembiayaan terutama jika kamu melalui jalur online akan meminta kamu untuk memberikan informasi kontak telepon. Akses ke kontak harus diberikan agar peminjam dapat memperoleh persetujuan lebih lanjut.

Perusahaan peminjaman ini membutuhkan nomor smartphone kamu untuk menghubungi kamu jika kamu tidak bisa membayar atau mengalami kendalam dalam membayar angsuran.

Itulah beberapa tips dan alasan ketika kamu mengajukan pinjaman tidak mendapatkan penolakan dari perusahaan pembiayaan. Kamu harus memperhatikan hal diatas jika ingin pinjaman cepat cair.kbc6

Bagikan artikel ini: