Produsen Benih Advanta Indonesia Bakal Pasarkan Benih Sorghum Hibrida di Indonesia

Selasa, 27 Februari 2024 | 19:37 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: Produsen benih PT Advanta Seeds Indonesia berencana mengembangkan dan memasarkan benih sorghum hibrida di Indonesia. Country Head Advanta Seeds Indonesia, Herry Kristanto, mengatakan sorghum sebagai bahan pangan dan pakan ternak cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia karena kandungan gizinya yang cukup tinggi serta bisa dibudidayakan di lahan marjinal.

"Tahun ini kami berencana membawa smart solution crop atau tanaman yang membawa solusi bagi perubahan iklim yaitu sorghum. Tanaman ini memberikan solusi bagi perubahan iklim karena membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan tanaman lainnya," kata Herry dalam keterangan tertulis, Surabaya, Selasa (27/2/2024).

Herry menambahkan, benih sorghum yang nantinya akan dikembangkan dan dipasarkan di Indonesia adalah jenis hibrida yang diklaim produktivitasnya lebih tinggi hingga 25 persen dibandingkan benih tradisional yang saat ini ada di Indonesia.

Advanta sendiri adalah salah satu pemain utama benih sorghum di dunia. Advanta bahkan mempunyai divisi khusus di India untuk melakukan riset dan pengembangan komoditas ini agar bisa dikembangkan dan dipasarkan di berbagai kondisi geografis di seluruh dunia.

Perusahaan multinasional asal India ini sudah berpengalaman mengembangkan benih hibrida di berbagai belahan penjuru dunia, termasuk sorghum. Di Indonesia, produksi utama Advanta adalah benih jagung hibrida seperti jagung pipil, jagung manis dan jagung pulut.

Khusus untuk sorghum, Advanta Indonesia berencana membawa 3 jenis benih hibrida yakni Grain Sorghum yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan pangan, Forage Sorghum untuk pakan ternak dan Sweet Sorghum untuk bahan baku industry bahan bakar khususnya etanol.

Tahun ini, Advanta Seeds Indonesia sedang mengurus berbagai perijinan untuk memasarkan benih Sorghum di Indonesia dan rencananya pada tahun depan atau 2025, Advanta akan siap memasarkan benih Sorghum hibrida di Indonesia.

Bussiness Director Asia-Africa Advanta Seeds, Prashant Belgamwar, menambahkan Sorghum sendiri bisa dikatakan merupakan superfood atau makanan super karena memiliki banyak nutrisi seperti serat, protein serta rendah lemak. Bahan pangan ini juga baik untuk mendukung ketahanan pangan negara karena bisa menjadi alternatif pengganti padi atau beras.kbc4

Bagikan artikel ini: