Melalui Ajang "Pesona Kriya", PI Bawa UMKM Binaan Go Global

Selasa, 27 Februari 2024 | 10:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pupuk Indonesia (Persero) senantiasa membuktikan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan.

Kali ini, Pupuk Indonesia (PI) menggelar ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 di Jakarta tanggal 26 - 28 Februari 2024. Acara ini mempertemukan puluhan UMKM binaan yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pemangku kepentingan baik lokal maupun internasional dari berbagai negara.

Gelaran yang diadakan pertama kali pada 2024 ini menyajikan beberapa kegiatan seperti bazar UMKM dan peragaan busana yang melibatkan seluruh produk UMKM, bazar UMKM diikuti oleh 41 peserta dari 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan.

Sementara itu pada acara ini, PI mengundang sejumlah kepentingan dari berbagai negara antara lain Duta Besar Maroko, Duta Besar Palestina, Duta Besar Polandia, Duta Besar Yordania, Duta Besar Qatar, Duta Besar Italia. Undangana beberapa negara sahabat ibi diharapkan mampu memasarkan produk mereka ke pasar internasional.

Direktur Utama PI, Rahmad Pribadi menyampaikan komitmen PI Grup dalam memajukan UMKM melalui program pembinaan yang berada di bawah naungan unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Acara ini merupakan bentuk pembinaan terhadap UMKM dan komitmen perusahaan dalam mendukung promosi budaya Indonesia melalui produk wastra. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pilar Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang dijalankan PI sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Utara Afrika.

"Melalui Pesona Kriya ini, PI memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM. Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Dimana sebanyak 257 UMKM diantaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif," ujar Rahmad, dal keterangan tertulis, Surabaya, Selasa (27/2/2024).

Ajang yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) PI Grup yang ke-8 ini diharapkan juga menjadi media pertukaran ide, dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal.

Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi turut menambahkan bahwa PIKA-PI Grup senantiasa mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Salah satu diantaranya adalah lewat kegiatan Pesona Kriya Pupuk Indonesia yang merupakan upaya bagi UMKM untuk naik kelas. Hal ini juga sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024, yaitu "Women's Support For Sustainability".

'PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang selaras dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk menjangkau pasar internasional," tutup Tata Rahmad Pribadi.kbc6

Bagikan artikel ini: