Jokowi Tunda Pencairan BLT Rp600 Ribu Jadi Ramadan

Sabtu, 24 Februari 2024 | 09:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang dicairkan langsung sebesar Rp600 ribu untuk periode tiga bulan diundur.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan BLT periode Januari, Februari, Maret rencana awalnya dicairkan awal Februari alias jelang Pemilu 2024. Tapi, pencairan akan mundur jadi bulan Ramadan.

"BLT nanti akan kita realisasikan untuk Ramadan juga," kata Airlangga seperti dikutip, Sabtu (24/2/2024).

Airlangga menilai, pencairan BLT tersebut paling tepat saat Ramadan untuk membantu daya beli masyarakat di tengah lonjakan harga yang biasanya terjadi saat hari raya keagamaan.

"Karena kan harga pangan memang relatif naik makanya kita sudah melihat itu, makanya kita siapkan BLT tadi," jelasnya.

Adapun penyaluran BLT Rp600 ribu ini akan dilakukan melalui kantor Pos untuk sekitar 18 juta keluarga miskin. Bansos ini berbeda dengan bantuan beras sebanyak 10 kg yang tetap berjalan.

Sebelumnya, BLT yang dijanjikan cair pada Februari ini memang menjadi perbincangan karena tak juga kunjung diterima masyarakat. Menurut Airlangga, hal itu dikarenakan koordinasi belum final dengan kementerian terkait.

"Penyaluran kita harapkan (secepatnya) kan sekarang masih membutuhkan penganggaran di Kementerian Sosial dan kemudian berkontrak dengan PT Pos karena penyaluran melalui PT Pos secara biaya lebih murah daripada melalui Himbara," tandas Airlangga saat itu. kbc10

Bagikan artikel ini: