Pertagas Rambah Sektor Petrokimia dan Energi Bersih

Jum'at, 23 Februari 2024 | 15:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Subholding Gas Pertamina PT Pertamina Gas (Pertagas) mengembangkan bisnis baru di samping bisnis lamanya di bidang infrastruktur transisi energi. Bisnis baru ini berupa pengembangan produk petrokimia dan bidang energi bersih (clean energy).

Sekretaris Perusahaan Pertagas Muhammad Baron mengatakan, upaya merambah bisnis baru ini merupakan komitmen Pertagas menyukseskan target Net Zero Emission (NZE). selain itu, juga menandai 17 tahun bisnis Pertagas di Tanah Air. "(Bisnis baru) di antaranya pengelolaan limbah kelapa sawit menjadi biomethane atau bioethanol, hydrogen, ammonia, carbon pipeline dan CCUS," ujar Baron di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Sebelumnya, sejak 23 Februari 2007 Pertagas menjalankan tugas mendorong penggunaan gas sebagai alternatif BBM ramah lingkungan. Pertagas selama 17 tahun juga secara berkelanjutan mengembangkan bisnisnya dengan pengembangan ruas pipa transmisi gas dan minyak bumi, serta proyek-proyek fasilitas energi lainnya di seluruh Indonesia. Untuk bisnis baru carbon capture utilization & storage (CCUS) gas, Pertagas akan mengembangkan infrastruktur pendukungnya.

Pengembangan bisnis CCUS ini dinilai akan memiliki peranan penting dalam transisi energi, mempertimbangkan jumlah emisi yang dihasilkan gas lebih rendah dibanding sumber energi lain, seperti minyak dan batu bara. Selain itu, juga mengingat Indonesia masih memiliki cadangan gas yang cukup besar. "Namun demikian, Pertagas juga telah memiliki rencana jangka panjang dalam pengembangan bisnis clean energy," kata Baron.

Sebagai informasi, selama 17 tahun kiprahnya, Pertagas tercatat telah membangun dan mengelola pipa transmisi gas sepanjang lebih dari 2.809 km. Kemudian, membangun pipa minyak 605 km, dua LPG Plant dengan kapasitas 1130 ton per hari. Juga membangun terminal regasifikasi dengan kapasitas 400 BBtud dan LNG Hub dengan kapasitas 127.000 M3.

"Pertagas juga telah membangun Pipa Minyak Rokan dan telah mengalirkan minyak, serta telah melaksanakan commissioning Pipa Gas Senipah-Balikpapan," lanjut Baron.

Dengan itu, Pertagas berkomitmen utuk menyediakan infrastruktur energi serta menyalurkan energi secara handal melalui operational & HSSE excellence. kbc11

Bagikan artikel ini: