Usai Nyoblos, Anak Muda Surabaya Bisa Makan Gratis di Kafe dan Restoran

Kamis, 8 Februari 2024 | 19:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dukungan sejumlah pihak untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 nanti terus bergulir.

Kali ini, Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jawa Timur bersama Polrestabes Surabaya berkolaborasi mengkampanyekan gerakan "Maknyos MakBleG: Mari Nyoblos Mangan Wareg". Launching gerakan ini dilakukan di Resto Nine Surabaya, Kamis (8/2/2024).

Melalui gerakan ini, setelah menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing di Kota Surabaya, 100 orang yang datang pertama di restoran atau kafe anggota Apkrindo bisa mendapatkan makan gratis atau minum gratis. Ada sekitar 55 brand dengan ratusan gerai yang berpartisipasi dalam program ini.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Apkrindo Jatim Tjahjono Haryono, Ketua Apkrindo Jatim Ferry Setiawan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pasma Royce, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi, Ketua Bawaslu Surabaya Novly Tysen serta anggota Apkrindo Jatim.

Ketua Aprindo Jatim, Ferry Setiawan mengatakan, kolaborasi ini sebagai bentuk dukungan pelaku usaha kuliner di Surabaya untuk Pemilu damai serta gerakan milenial mencoblos.

"Dengan memberikan stimulus, program-program promosi ini akan membuat milenial semakin mau untuk mencoblos. Jadi, lima tahun sekali semua hak suara terpenuhi. Ini inisiatif kami dari Apkrindo dengan Polrestabes Surabaya untuk menyukseskan pemilu damai," kata Ferry.

Anak muda atau kaum milenial sengaja dipilih, lanjut dia, karena berdasarkan data yang ada, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 ini, sekitar 56 persen adalah milenial dan Gen Z. "Paling tidak, dengan gerakan ini bisa mendorong anak muda untuk datang ke TPS dan mencoblos," ujarnya.

Ferry mengungkapkan, ada sekitar 55 merek yang tergabung dalam program ini, yakni kafe dan restoran serta supplier. Kafe dan restoran yang akan memberikan promo makan gratis bagi 100 pengunjung pertama ini tersebar di semua tenant di mal Surabaya maupun luar mal. Jika kuota sudah habis, tenant masih memberikan kesempatan dengan diskon harga.

"Program ini hanya berlaku satu hari pada 14 Februari 2024. Syaratnya adalah remaja yang berusia 17-22 tahun dengan menunjukkan jari bukti sudah mencoblos serta KTP, dan bisa langsung mendapat makan gratis," tandasnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berterima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi yang pertama kali dan satu-satunya di Indonesia.

"Saya matur nuwun sanget, karena ini saya yakin satu-satunya di Indonesia. Ini adalah ide pertama yang dimunculkan Pak Kapolrestabes, bagaimana semuanya ikut dalam berpartisipasi menyukseskan pemilu. Sehingga setelah direspons Apkrindo, muncul Maknyos MakBleG. Jadi, Mari Nyoblos Mangan Wareg," ungkap Eri Cahyadi.

Menurutnya, program tersebut menunjukkan bahwa dari Forkompinda Kota Surabaya terus mencari ide-ide, bagaimana Pemilu bisa berjalan sukses, dan semua bisa ikut berpartisipasi. Jika Pemilu aman dan damai, ekonomi juga akan bisa terus bertumbuh.

"Saya matur nuwun, ini adalah support luar biasa dari Apkrindo selalu bersama menyukseskan apapun yang ada di Kota Surabaya. Intinya siapapun pemimpin yang terpilih adalah pemimpin kita semua," tegasnya.

Sementara itu Kapolrestabes Surabaya Kombes Pasma Royce mengungkapkan, kolaborasi Polrestabes Surabaya bersama Apkrindo ini sebagai upaya mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari nanti.

"Semoga kabar baik ini bisa menyebar ke masyarakat, sehingga masyarakat termasuk milenial bisa menggunakan hak pilihnya dengan senang karena adanya promo-promo dari pengusaha kafe dan restoran," jelasnya. kbc7

Berikut 55 brand yang menggelar promo "Maknyos MakBleG: Mari Nyoblos Mangan Wareg":

  1. Loving Life Vegetarian
  2. Medan Wei
  3. GURI
  4. Urban Wagyu
  5. KAG
  6. Nude Bake
  7. WOK
  8. Kkado Chicken
  9. Yong Luck Club
  10. Karbs
  11. NAM HEONG
  12. Porong WEI
  13. Ayam Canton
  14. Kopilaborasi
  15. Kopi Seindonesia
  16. Tempura High
  17. Miles coffee
  18. NOMU
  19. Kwetiau Medan Serry
  20. Warung Burung Hantu
  21. Holland Martabak
  22. Jamu Iboe
  23. SIJI
  24. Penyetan Cok
  25. Bebek Goreng Harissa
  26. Ikan Bakar Jimbaran
  27. Stjerne
  28. Bakul Mie
  29. Fusia
  30. MieJol
  31. RUME
  32. Sushikun
  33. Kayanna
  34. Kosaku
  35. Kartiko Heritage
  36. Locaahands
  37. IGOR'S
  38. DE BUN
  39. Bakso Super Pak De
  40. Spread by Tootoomoo
  41. HOPS
  42. Excelso Societe, HR. Muhamad
  43. 369 Group
  44. Bebek H Slamet
  45. JETE
  46. Toko Bakmie Saudagar
  47. CALLIMERA
  48. Pempek Farina
  49. Barby’s Bakery
  50. Boga Group
  51. Hensman
  52. Papada Cafe
  53. Gourmet
  54. Resto Nine
  55. Ria

kbc7

Bagikan artikel ini: