Kunjungi Ponpes Tebuireng Jombang, Erick Thohir Tekankan Peningkatan SDM Santri

Selasa, 6 Februari 2024 | 16:33 WIB ET

JOMBANG, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Selasa (6/2/2024). Dalam kunjungannya, ia menegaskan pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) santri untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Erick mengungkapkan, sejauh ini pemerintah Jokowi telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap peningkatan SDM pesantren. Hal ini tercermin dari terbitnya Undang-undang nomor 18/2019 tentang Pesantren dan penetapan Hari Santri.

"Pak Jokowi sudah melahirkan UU Pesantren dan menetapkan Hari Santri, sudah ada komitmen luar biasa. Mas Gibran juga," tegas Erick Thohir disela kunjungannya.

Peningkatan SDM santri ini dinilai sangat penting karena selama ini umat Islam selalu dalam perspektif umat yang miskin dan bodoh. Padahal realitanya tidak seperti ini. "Persepsi ini dibentuk karena kita tidak pernah mengambil posisi," tandasnya.

Oleh karena itu pemerintah Jokowi memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan kualitas pendidikan pesantren. Dia menyebut, pemerintahan Jokowi juga telah menggelontorkan beasiswa LPDP bagi santri yang berprestasi. Kebijakan ini kata dia, akan dilanjutkan apabila Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo-Gibran menang Pemilu 2024.

"Dan Mas Gibran akan meneruskan. Saya juga akan mendorong LPDP itu sepuluh persen untuk pesantren," ujar Erick di hadapan awak media, selepas dirinya berziarah ke Makam KH Abdurrahman Wahid yang berada di dalam komplek Ponpes Tebu Ireng Kabupaten Jombang.

Ia mengatakan, upaya meningkatkan porsi anggaran pendidikan terutama pada program beasiswa bagi santri berprestasi sangat penting dilakukan. Sebab, akan turut mempercepat terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Generasi muda yang berbasis pesantren ini harus menjadi bagian justru bukan menjadi bagian tertinggalkan melainkan menjadi bagian yang menguatkan kita," katanya.

Untuk diketahui, kunjungan Erick ke Pondok Pesantren Tebuireng untuk menghadiri acara Mudzakarah Indonesia Maju untuk memberi pemaparan di hadapan ratusan santri dan santriwati pondok.

Disela acara juga digelar Deklarasi Dukungan Politik kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo-Gibran oleh Majelis Keluarga Ponpes Tebuireng. Namun sebelum acara digelar, Erick lebih dulu berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid.

Di kesempatan lain, KH Muhammad Irfan Yusuf selaku anggota Majelis Keluarga Ponpes Tebuireng menambahkan, mengapresiasi kunjungan Erick Thohir bersama rombongan.

Pihaknya juga memastikan, keluarga besar Ponpes Tebuireng solid mendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo-Gibran.

"Tapi saya perlu jelaskan bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan. Kalau secara institusi tidak kesana kemari. Jadi mungkin secara personal, saya pastikan sebagian besar akan ke 02," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: