AXA Mandiri Komitmen Perkuat Implementasi ESG di Perusahaan

Kamis, 1 Februari 2024 | 15:47 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menggelar seminar Environmental, Social, and Governance (ESG) bertajuk Building the Right Mindset for a Sustainable Future bersama pakar ESG global terkemuka, Environmental Resources Management (ERM). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penerapan ESG dalam setiap lini usaha dan operasional AXA Mandiri.

Dalam kegiatan ini AXA Mandiri dan ERM membahas langkah-langkah strategis untuk meningkatkan penerapan ESG di AXA Mandiri. Kegiatan ini merupakan komitmen jangka panjang AXA Mandiri untuk masa depan yang berkelanjutan, sekaligus bentuk dukungan dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

Sejalan dengan kampanye AXA Group yaitu "The Future Should Not Be a Risk" atau Masa Depan Seharusnya Tidak Berisiko, merupakan bagian dari komitmen AXA Group untuk berkontribusi dalam mengurangi dampak yang bisa menjadi risiko kedepannya, seperti perubahan iklim atau peningkatan dalam kesenjangan sosial.

"Penerapan prinsip ESG dalam segala aktifitas perusahaan adalah cara yang tepat untuk memastikan dampak yang diberikan perusahaan dapat mengurangi terjadinya risiko-risiko tersebut. Seminar yang kami selenggarakan hari ini merupakan langkah awal untuk menciptakan sumber daya perusahaan dengan pola pikir yang terpadu dengan prinsip ESG, sehingga dapat menciptakan nilai-nilai positif untuk semua pemangku kepentingan dalam setiap kegiatannya," kata Chief Communication Officer, AXA Mandiri, Atria Rai dalam keterangan tertulis, Surabaya, Kamis (1/2/2024).

Dalam seminar yang digelar pada awal pekan ini tersebut AXA Mandiri dan ERM memaparkan beberapa inisiatif yang bisa diterapkan dalam bidang ESG, khususnya dalam industri asuransi. Salah satunya adalah menerapkan prinsip ‘Responsible Investment’ atau investasi bertanggung jawab melalui instrumen investasi yang memiliki dampak positif kepada sosial atau lingkungan, seperti Green Bond.

Dalam hal tersebut, AXA Mandiri telah menempatkan 100% dana General Account dengan prinsip ESG termasuk pada instrument investasi ramah lingkungan atau Green Bond. AXA Mandiri pekan lalu juga menempatkan sebagian dana investasi dalam Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (Iluni FEB UI). Hasil investasi instrumen tersebut akan digunakan Iluni FEB UI untuk menjalankan program sosial seperti beasiswa, bimbingan belajar dan bantuan sosial.

Sebelumnya, AXA Mandiri telah melakukan beragam inisiatif terkait ESG seperti melakukan penanaman lebih dari 4.200 bibit pohon bakau untuk melestarikan ekosistem pantai dan juga penyerapan emisi karbon. AXA Mandiri juga menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi kesehatan dan keuangan di beberapa kota-kota di Indonesia, dari Medan, Sumatera Utara, hingga Sorong, Papua, sebagai upaya untuk memberdayakan kemampuan masyarakat, khususnya dari segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan dan melindungi diri dari risiko kesehatan.kbc6

Bagikan artikel ini: