Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bakal lewati Yogyakarta, Kemenhub: Masih Feasibility Study

Minggu, 28 Januari 2024 | 09:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tengah menyiapkan uji kelayakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Pembangunan Fase I dari proyek ini kabarnya akan dibangun melintasi Yogyakarta.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati membenarkan kabar tersebut. Hanya saja, saat ini masih dalam tahap uji kelayakan oleh para ahli. "Setiap opsi pasti dikaji, masih harus dilakukan feasibility study," kata Adita seperti dikutip, Sabtu (27/1/2024). 

Terpisah, GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan bahwa rencana ini tengah dikoordinasikan bersama Kementerian dan lembaga terkait.

Menurutnya, hingga saat ini masih belum ada keputusan final apakah proyek kereta cepat Jakarta Surabaya ini nantinya akan melintasi Yogyakarta.

"Yang pasti KCIC jika kami diberikan penugasan tersebut maka siap menjalankan seluruh arahan dari pemerintah," jelas Eva.

Sebelumnya wacana Woosh Jakarta-Surabaya yang akan melewati Yogyakarta ini disampaikan oleh Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi.

Dwiyana mengatakan, hal itu dilakukan dengan pertimbangan jika jalur diperpanjang langsung sampai Surabaya kemungkinan akan membutuhkan biaya yang lebih besar dan waktu pembangunannya juga lebih lama.

"Dalam beberapa kesempatan ada Pak Presiden, Pak Luhut, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, semuanya menyampaikan bahwa ada rencana untuk extend sampai Surabaya. Mungkin tahapannya ke Jogja dulu," ujar Dwiyana.

Dwiyana menyebutkan, saat ini rencana perpanjangan kereta cepat Whoosh sampai Surabaya ini masih digodok sehingga belum dapat dipastikan trase kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melalui daerah mana saja.

Lantaran rencana ini masih dalam tahap awal, trase kereta cepat Jakarta-Surabaya juga kemungkinan masih belum dibuka untuk publik karena menghindari para spekulan tanah.

"Sekarang sedang penggodokan untuk perencanaan. Kalau trasenya diumumkan ya spekulan-spekulan tanah main semua," ucapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: