Gandeng LSO PR Apprentice UNESA, SGN Kembangkan Strategi Komunikasi Digital

Selasa, 16 Januari 2024 | 14:20 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnia.com: Memasuki tahun 2024, Corporate Communication PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) anak perusahaan Holding Perkebunan PTPN III (Persero) mengembangkan strategi komunikasi melalui platform media sosial.

Hal ini disampaikan Brilliant Johan Anugerah Kasubdiv Komunikasi dan TJSL SGN seusai paparan rivew hasil riset terhadap penggunaan media sosial oleh Lembaga Semi Otonom Public Relation (LSO PR) Apprentice Universitas Negeri Surabaya.

"Melaksanakan fungsi digital public relation saat ini, kami mengoptimalkan media sosial korporasi dalam berkomunikasi dengan stake holder. Salah satunya bersinergi dengan LSO PR Apprentice UNESA yang sudah beberapa kali melakukan riset serupa, dengan harapan output riset tersebut dapat menjadi bagian pertimbangan dan strategi komunikasi Kami," terang Brilliant Johan Anugerah di Surabaya, Selasa (16/1/2024).

Riset tersebut dilakukan selama bulan Oktober 2023 terhadap penggunaan media sosial platform Instagram PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) anak perusahaan Holding Perkebunan PTPN III (Persero) dengan sampel obyek riset pengguna internet dan pengikut akun Instagram SGN. Tujuan penelitian membantu perusahaan untuk mengembangkan isi konten dalam akun Instagram menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang dibarengi dengan perkembangan tren pasar

"Tim melakukan riset dengan metode survey dan diperdalam dengan focus discussion group sehingga hasil lebih fokus dan tidak multi tafsir," ujar Gilang Gusti Aji dosen sekaligus pembina LSO PR Apprentice UNESA.

Indikator result hasil penelitian yang telah dilakukan menyebut konten gambar sebagai konten yang paling disukai responden, menyusul selanjutnya konten terkini dan konten inspirasi. Sedangkan alasan responden mengunjungi akun SGN diantaranya mengikuti dan mencari informasi terkait SGN.

"Corporate Communication SGN harus mengelola media sosial lebih baik lagi, karena hasil riset sebesar 34,8% atau peringkat dua, menyebut media sosial SGN menjadi media informasi bagi responden atau responden menjadikan medsos SGN sebagai rujukan informasi. Peringkat pertama responden sebesar 53,3% menyebut informasi terkait SGN dari teman atau saudara," lanjut Gilang Gusti Aji.

Gilang melanjutkan bahwa informasi press release lebih disukai responden sebesar 13,5%, disusul konten kuis berhadiah 13,5%, konten edukasi 13,2% dan konten series petani hebat 12,9%. Sehingga bisa dijadikan rujukan untuk menyusun strategi komunikasi bagi pengelola medsos terutama terkait perencanaan konten. Sedangkan harapan responden terhadap jenis konten akun SGN terbesar adalah konten bersifat edukasi terkait proses bisnis yang dilakukan SGN yang mencapai 17,9%, konten inspirasi dengan ide baru sebesar 17,6, dan konten edukasi tentang tanaman tebu sebesar 17,3%.

"Tentunya menjalankan konsep Digital PR menggunakan riset dan data sebagai dasar program komunikasi, output riset menjadi bagian dari penyusunan strategi komunikasi melalui media sosial. Terutama salah satu hasil rekomendasi riset tersebut, dalam setiap konten untuk lebih menunjukkan jati diri SGN sehingga ada korelasi dan integrasi antara format konten, edukatif dan tujuan korporasi," tutup Brilliant Johan.

Sebagai informasi, PR Apprentice merupakan sebuah program ekslusif dari LSO Public Relation yang mempelajari serta mempraktikkan strategi kehumasan melalui berbagai materi dan real project. LSO ini merupakan komunitas yang bergerak di bidang kehumasan, yang dibentuk oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA.

PR Apprentice merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat di dalam dunia public relation. Sinergi SGN dengan UNESA melalui LSO PR Apprentice yang telah berjalan diantaranya riset penelitian company visit dan observasi ke Pabrik Gula SGN.kbc6

Bagikan artikel ini: