7 Cara Mudah Bikin Centang Hijau di Whatsapp Bisnis

Selasa, 9 Januari 2024 | 16:04 WIB ET

SEBAGAI salah satu platform pesan instan terpopuler di dunia, WhatsApp telah menghadirkan fitur verifikasi akun untuk meningkatkan kepercayaan dan keamanan pengguna. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam tentang apa itu verifikasi pada akun WhatsApp, bagaimana itu berfungsi, dan mengapa itu penting dalam menjaga integritas komunikasi online.

Pada dasarnya, verifikasi pada akun WhatsApp adalah proses mengonfirmasi keaslian dan keberadaan suatu akun. Verifikasi ini ditandai dengan simbol centang biru di sebelah nama pengguna. Untuk mendapatkan verifikasi, pengguna harus melalui proses yang melibatkan peninjauan dan persetujuan oleh tim WhatsApp.

Tujuan utama dari verifikasi pada akun WhatsApp adalah untuk memberikan kepastian kepada pengguna bahwa mereka berkomunikasi dengan akun yang sah dan resmi. Ini sangat penting dalam situasi di mana ada potensi penipuan atau akun palsu yang mencoba memanfaatkan pengguna dengan tujuan jahat.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna WhatsApp, langkah-langkah keamanan semakin penting. Untuk itu, WhatsApp menerapkan proses verifikasi yang ketat untuk memastikan bahwa akun-akun yang terverifikasi adalah akun resmi dan dapat dipercaya. Ini membantu dalam melawan spam, penipuan, dan kegiatan buruk lainnya yang dapat merugikan pengguna.

Namun, perlu dicatat bahwa verifikasi pada akun WhatsApp tidak berarti bahwa pesan yang dikirim oleh pengguna tersebut aman atau terenkripsi. Verifikasi hanya menunjukkan keabsahan akun, sementara enkripsi end-to-end yang diterapkan oleh WhatsApp sendiri bertanggung jawab atas keamanan pesan.

Proses verifikasi pada akun WhatsApp melibatkan beberapa langkah. Pengguna yang ingin mendapatkan verifikasi harus mengajukan permohonan ke WhatsApp dan menyediakan informasi yang diperlukan. Tim WhatsApp akan meninjau permohonan tersebut dan memutuskan apakah akun tersebut memenuhi kriteria verifikasi. Jika akun dianggap sah dan resmi, maka simbol centang biru akan ditampilkan di sebelah nama pengguna.

Namun, tidak semua pengguna dapat mengajukan permohonan verifikasi pada akun WhatsApp. Biasanya, fitur verifikasi ini lebih ditujukan untuk akun bisnis, selebritas, atau entitas publik yang membutuhkan kepercayaan dan pengakuan kredibilitas. WhatsApp juga memiliki kebijakan yang ketat dalam meninjau dan mengizinkan akun-akun yang memenuhi syarat untuk mendapatkan verifikasi.

Dalam era digital yang semakin kompleks ini, verifikasi pada akun WhatsApp menjadi semakin penting. Fitur ini membantu dalam membangun kepercayaan antara pengguna dan akun yang mereka komunikasikan. Ini juga memungkinkan pengguna untuk membedakan antara akun resmi dan akun palsu, mengurangi risiko penipuan dan kegiatan yang berbahaya.

Verifikasi pada akun WhatsApp menjadi langkah penting dalam membangun kepercayaan dan keamanan di platform pesan instan ini. Dengan verifikasi, pengguna dapat memastikan bahwa mereka berkomunikasi dengan akun yang sah dan resmi. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak bergantung sepenuhnya pada verifikasi akun. Keamanan dan privasi pribadi tetap menjadi tanggung jawab pengguna.

Cara Membuat Centang Hijau WhatsApp

Centang Hijau WhatsApp merupakan fitur yang dapat memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa pesan yang mereka kirim telah terkirim dan dibaca oleh penerima. Berikut ini cara membuat centang hijau di WhatsApp dan beberapa tips untuk memastikan pesan mencapai penerima dengan sukses.

1. Menggunakan WhatsApp Business

Salah satu cara membuat centang hijau di WhatsApp adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business. WhatsApp Business dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis dan menyediakan fitur-fitur tambahan, termasuk Centang Hijau. Dengan menggunakan WhatsApp Business, pengguna dapat memverifikasi bisnis dan mendapatkan Centang Hijau yang memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

2. Mengisi Profil Bisnis dengan Lengkap

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan Centang Hijau, pastikan untuk mengisi profil bisnis dengan lengkap. Sertakan informasi penting seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, deskripsi bisnis, dan logo. Profil yang lengkap akan memberikan kesan profesional dan dapat membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan.

3. Mengajukan Permohonan Verifikasi

WhatsApp menyediakan layanan verifikasi untuk bisnis yang ingin mendapatkan Centang Hijau. pengguna dapat mengajukan permohonan verifikasi melalui aplikasi WhatsApp Business dengan mengikuti langkah-langkah yang ditentukan. WhatsApp akan melakukan peninjauan dan memverifikasi keaslian bisnis sebelum memberikan Centang Hijau.

4. Membangun Kepercayaan dengan Pelanggan

Selain menggunakan fitur WhatsApp Business dan mengajukan permohonan verifikasi, penting untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan. Responsif terhadap pesan pelanggan, memberikan informasi yang jelas dan akurat, dan memberikan layanan pelanggan yang baik adalah beberapa langkah untuk membangun kepercayaan. Semakin banyak pelanggan yang merasa percaya pada bisnis, semakin besar peluang mendapatkan Centang Hijau.

5. Menghindari Spam dan Penyalahgunaan

Untuk memastikan pesan mencapai penerima dengan sukses dan memperoleh Centang Hijau, penting untuk menghindari spam dan penyalahgunaan. Jangan mengirim pesan yang tidak relevan atau tidak diminta kepada pelanggan. Selalu patuhi ketentuan penggunaan WhatsApp dan jangan melakukan tindakan yang melanggar aturan.

6. Mengirim Pesan yang Relevan dan Bermutu

Agar pesan mendapatkan perhatian penerima dan meningkatkan kemungkinan mendapatkan Centang Hijau, pastikan pesan yang dikirim relevan dan bermutu. Sampaikan informasi yang berguna, promosi yang menarik, atau tawaran yang spesial kepada pelanggan. Pesan yang memberikan nilai tambah akan lebih mungkin dibaca dan direspons oleh penerima.

7. Memperhatikan Waktu Pengiriman Pesan

Waktu pengiriman pesan juga dapat mempengaruhi kesuksesan dalam mendapatkan Centang Hijau. Pastikan untuk mengirim pesan pada waktu yang tepat, di mana pelanggan cenderung aktif dan responsif. Mengirim pesan pada waktu yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan pesan dibaca dan mendapatkan Centang Hijau.

Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp dapat memberikan kepercayaan kepada pengirim pesan bahwa pesan mereka telah terkirim dan dibaca oleh penerima. Untuk mendapatkan Centang Hijau, gunakan aplikasi WhatsApp Business, lengkapi profil bisnis, ajukan permohonan verifikasi, bangun kepercayaan dengan pelanggan, hindari spam, kirim pesan yang relevan, dan perhatikan waktu pengiriman pesan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan Centang Hijau dan memastikan pesan mencapai penerima dengan sukses.

Tips Memilih Business Service Provider (BSP) WhatsApp API yang Terpercaya

Untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan akun bisnis perusahaan melalui WhatsApp Business Service Provider (BSP). Di Indonesia, terdapat banyak Business Service Provider (BSP) WhatsApp dengan layanan yang bervariasi, salah satunya adalah ShopKey yang banyak direkomendasikan banyak pebisnis di Indonesia. Berikut adalah tips memilih BSP WhatsApp API yang terpercaya:

1. Periksa Profil dan Portofolio BSP

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan BSP, penting untuk memeriksa profil dan portofolio mereka. BSP yang terpercaya tidak hanya populer, tetapi juga memiliki portofolio yang baik untuk meyakinkan calon klien.

Pastikan BSP yang dipilih telah terdaftar sebagai mitra resmi WhatsApp Business API. Hal ini akan memudahkan dalam mengecek portofolio dan informasi lain yang diperlukan. Dengan demikian, jika cocok dengan penawaran mereka, pengguna dapat langsung menghubungi melalui kontak yang tertera.

2. Penggunaan Nomor Telepon Khusus Bisnis

Pilih BSP yang memberikan kemudahan dalam mendaftarkan nomor telepon untuk mengakses WhatsApp API, baik untuk nomor khusus perusahaan maupun pribadi. Disarankan untuk menggunakan nomor khusus bisnis agar proses verifikasi menjadi lebih mudah.

3. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Saat memilih BSP, pastikan untuk memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Fitur yang biasanya ditawarkan oleh BSP WhatsApp meliputi verified badge, chatbot, dan pengiriman pesan otomatis. Pastikan untuk memeriksa portofolio BSP secara menyeluruh untuk memastikan kualitasnya.

4. Kemampuan Integrasi Antar Sistem

Pastikan BSP mampu melakukan integrasi dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk WhatsApp. Integrasi ini penting untuk menjadikan bisnis mampu terhubung dengan banyak pelanggan sekaligus dan menjangkau lebih banyak konsumen secara bersamaan.

5. Perhatikan Kecepatan Onboarding

Selain profil dan kemampuan integrasi, perhatikan juga kecepatan BSP dalam proses onboarding. Proses pengajuan WhatsApp Business API sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama, namun persetujuannya perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum akun resmi diverifikasi.

BSP yang terpercaya akan bersikap transparan kepada klien dan memberikan panduan mengenai proses pengajuan WhatsApp API, mulai dari persiapan berkas hingga verifikasi.

6. Transparansi Biaya

BSP yang terpercaya akan memberikan transparansi terutama mengenai biaya. Hal ini bertujuan agar klien dapat mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait harga yang ditawarkan oleh BSP.

7. Pertimbangkan Adanya Fitur Demo/Trial

Pilih BSP yang menyediakan demo atau trial agar perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan terbaik. Fitur ini dibutuhkan untuk mengetahui kecocokan sesuai kebutuhan perusahaan.

8. Dukungan Pelanggan

Pastikan BSP menyediakan dukungan pelanggan yang dapat membantu klien mengatasi permasalahan teknis terkait WhatsApp API.

Dengan memperhatikan tips di atas, pengguna dapat memilih BSP WhatsApp API yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satu provider terpercaya untuk mendaftarkan bisnis ke WhatsApp Business API di Indonesia adalah ShopKey. Melalui ShopKey, bisnis dapat memperoleh pengalaman terbaik dalam melayani pelanggan dan meningkatkan kredibilitas akun melalui tanda centang hijau di WhatsApp. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih BSP WhatsApp API untuk bisnis.

Bagikan artikel ini: