Kereta Cepat Whoosh Angkut 220.227 Penumpang Selama Libur Nataru

Kamis, 4 Januari 2024 | 09:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, total ada sebanyak 220.227 penumpang yang menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh sepanjang 12 hari periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Angka ini berdasarkan penggunaan dari 22 Desember hingga 2 Januari 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengapresiasi minat tinggi masyarakat yang menjadikan Whoosh sebagai pilihan utama selama Libur Nataru. Jumlah penumpang tersebut naik 33% dibandingkan periode sebelum masa libur nataru di awal Desember 2023.

"Peningkatan terjadi karena adanya peningkatan permintaan masyarakat yang akan menggunakan Whoosh untuk menikmati libur akhir tahun. Peningkatan permintaan ini kemudian diakomodir dengan penambahan jadwal hingga 48 perjalanan per hari oleh KCIC," kata Eva, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (3/1/2024).

Selama Libur Nataru, penumpang tertinggi tercatat pada keberangkatan dari Stasiun Halim yang mencapai 115.435 penumpang. Diikuti dengan keberangkatan Padalarang sebanyak 73.034 penumpang, dan keberangkatan Tegalluar sebanyak 31.758 penumpang.

Keberangkatan dengan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 26 Desember mencapai total 21.188 penumpang, diikuti keberangkatan tanggal 23 Desember mencapai 21.151 penumpang per hari. Adapun secara umum rata-rata, penumpang Whoosh per harinya di masa Nataru mencapai 19 s.d 20 ribu penumpang per hari.

KCIC sendiri telah mengoperasikan 576 perjalanan Whoosh, dimulai pada 22 Desember 2023 untuk melayani seluruh penumpang. Eva mengatakan, seluruh perjalanan berjalan lancar, aman, dan memiliki ketepatan waktu yang baik.

Meski terjadi lonjakan penumpang, Eva menyatakan, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar tanpa hambatan yang signifikan dan tanpa kejadian tidak diinginkan. Selama periode Nataru, Posko Nataru juga disediakan untuk membantu masyarakat.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang," ujarnya.

Eva juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Whoosh sebagai moda transportasi selama Nataru 2024. Kepercayaan ini akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar Whoosh tetap menjadi pilihan favorit masyarakat.

"Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan agar Whoosh tetap menjadi moda transportasi favorit masyarakat," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: