Berkah El Nino, Produksi Garam Nasional Diprediksi Capai 2,5 Juta Ton

Minggu, 17 Desember 2023 | 18:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Fenomena El Nino ternyata membawa berkah terhadap produksi garam nasional.Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Victor Gustaaf Manoppo menuturkan, produksi garam nasional tahun ini mencapai 2,5 juta ton.

Produksi tersebut diklaim melampaui target yang ditetapkan untuk 2023 sebesar 1,7 juta ton. "Tahun ini kita surplus, [produksi] 2,5 juta ton tahun ini, target 1,7 juta ton. Tahun depan [target] 2 juta ton," kata Victor di Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Victor menjelaskan, produksi garam yang berjaya tahun ini didorong  sejumlah faktor. Salah satunya, adanya fenomena El Nino yang menyebabkan cuaca lebih kering dan terik. Selain faktor alam, Victor mengklaim suksesnya produksi garam nasional tahun ini juga didukung peningkatan teknologi tunnel di tambak garam.

Menurutnya, dengan teknologi itu para petambak bisa memproduksi garam di pelbagai kondisi cuaca. "Jadi yang dulunya mungkin panen [garam] itu rusak gara-gara alam, dengan tunnel ini walaupun hujan dia [petambak] produksinya tetap bagus," jelasnya.

Adapun, pada tahun depan, Victor mengatakan KKP bakal menambah jumlah adopsi tunnel untuk menggenjot produksi garam petambak rakyat. Dengan demikian, dia optimistis, apabila program dijalankan secara konsisten maka produksi tahun depan dapat melampaui target 2 juta ton. "Bahkan hampir dua kali lipat. Teknologinya kita tambah," pungkasnya. kbc11

Bagikan artikel ini: