Industri Manufaktur Cerdas Taiwan Dukung Transisi Industri di Indonesia

Kamis, 14 Desember 2023 | 11:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sejumlah industri serta produk-produk manufaktur cerdas asal Taiwan ikut meramaikan gelaran pameran Manufacturing Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, 6-9 Desember 2023.

Hal tersebut menunjukkan komitmen Taiwan dalam mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, yang mendukung transisi dari sistem manufaktur industri konvensional kepada sistem industri yang ramah lingkungan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Rabu (13/12/2023), Director of Economic Division Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, Frank Lu menyampaikan bahwa hubungan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia cukup menjanjikan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat sebesar 51,7 poin pada November 2023, yang mengindikasikan pertumbuhan tanpa henti selama 27 bulan berturut-turut.

"Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok peralatan mesin pintar terbesar untuk pasar Indonesia. Pada tahun 2022, Taiwan mengekspor peralatan mesin pintar senilai US$ 35 juta ke Indonesia, menjadikan Taiwan sebagai salah satu sumber impor mesin bagi Indonesia. Masih banyak ruang untuk peningkatan, karena Indonesia terus meningkatkan produksi untuk pertumbuhan berkelanjutan," katanya.

Salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan yang turut meramaikan pameran tersebut yakni Elite Air Compressor yang memperkenalkan Air Levitation Air Compressor’ mutakhir mereka di Manufacturing Indonesia 2023. Kompresor ini mengubah pengoperasian kompresor udara tradisional dengan desain kepala inovatif, meningkatkan efisiensi energi, efektivitas operasional, dan ketahanan.

"Dari apa yg saya lihat, karena Indonesia punya populasi yang besar dan yang paling bersinar di Asia Tenggara. Di dalam 2 tahun mungkin kita akan ke Vietnam, tapi di 10 tahun ini Indonesia memiliki nilai yang sangat baik seperti infrastruktur, jalan raya, kereta cepat, bandara dan lain sebagainya. Jadi di dalam beberapa tahun kita bisa melihat kesempatan yang lebih besar. Sebenarnya kita sudah ada di pasar lokal dan apa yang kita lakukan adalah menjual dengan harga Asia," kata CEO of Elite Air Compressor, Mr. Han.

Terdapat 3 asosiasi yang menyelenggarakan Paviliun Taiwan di pameran Manufacturing Indonesia 2023 ini, antara lain Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), Taiwan Machine Tools Builders Association (TMBA) dan Taiwan Fluid Power Association (TFPA).kbc4

Bagikan artikel ini: