Kasus Covid-19 Kembali Menanjak, Nih Imbauan Jelang Libur Nataru

Selasa, 12 Desember 2023 | 08:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menjelang masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), kasus Covid-19 di Tanah Air cenderung meningkat. Pemerintah pun meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati khususnya yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum saat Nataru.

"Cuci tangan, memakai masker juga sudah mulai kita imbau ke masyarakat. Kementerian Kesehatan juga melakukan hal yang sama, imbauan kita menghadapi lonjakan Covid," kata Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, seperti dikutip, Senin (11/12/2023).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, semua peraturan di angkutan umum masih bersifat imbauan dan belum ada protokol khusus yang menjadi kewajiban bagi para pelaku perjalanan.

"Sekali lagi kalau soal isu-isu kesehatan, kami akan merujuk pada Kementerian Kesehatan atau leading sector. Sampai saat ini belum ada protokol baru untuk pelaku perjalanan masih yang ada sekarang, jadi sifatnya masih imbauan," tuturnya.

Data infeksi emerging Kementerian Kesehatan menunjukkan kasus Covid-19 di RI meningkat tajam sejak akhir Oktober 2023. Pada periode 1-26 Oktober, jumlah kasus tercatat 230 sementara angkanya melonjak 54% menjadi 355 pada 1-26 November 2023. Kenaikan ini diperkirakan sejalan dengan masuknya varian Eris atau EG.5 dan EG.2.

Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin mendesak masyarakat Indonesia untuk melakukan perlindungan ganda untuk mendapatkan vaksinasi dan mengikuti protokol kesehatan sebagai respons terhadap peningkatan infeksi Covid-19 terbaru di Singapura.

Dia berpesan kepada masyarakat yang belum mendapatkan dosis booster Covid-19 agar segera mendapatkan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat. kbc10

Bagikan artikel ini: